Kapal AS dan Filipina Tabrakan, 7 Orang Hilang

Oleh Tanti Yulianingsih pada 17 Jun 2017, 16:59 WIB
Diperbarui 17 Jun 2017, 16:59 WIB
Kapal AS yang bertabrakan dengan armada berbendera Filipina. (AP)
Perbesar
Kapal AS yang bertabrakan dengan armada berbendera Filipina. (AP)

Liputan6.com, Pantai Jepang - Kapal destroyer atau perusak milik Angkatan Laut Amerika bertabrakan dengan kapal dagang di lepas pantai Jepang pada Sabtu 17 Juni 2017 pagi waktu setempat. Penjaga pantai mengatakan tujuh pelaut Amerika hilang akibat kecelakaan tersebut. 

Mengutip VOA News, Sabtu (17/6/2017), Angkatan Laut Amerika mengatakan, insiden tabrakan kapal itu terjadi antara USS Fitzgerald dan armada dagang berbendera Filipina.

Kini AS tengah menghitung jumlah korban luka. Sementara pejabat-pejabat Amerika belum bisa memastikan apakah ada pelautnya yang hilang dalam kecelakaan kapal tersebut.

Melalui sebuah pernyataan, pihak AS mengatakan seorang pelaut di armada Angkatan Laut Amerika yang beroperasi di Samudera Pasifik dan Hindia yang terluka dievakuasi oleh helikopter penjaga pantai Jepang.

Bantuan medis dari USS Dewey dan dua kapal Angkatan Laut dikirim secepat mungkin. Pesawat pun tengah disiapkan.

Menurut pihak armada angkatan laut AS, tabrakan antara kapal perusak dan kapal dagang berbendera Filipina, ACX Crystal, terjadi kira-kira pukul 02.30 waktu setempat. Sekitar 56 mil laut barat daya Yokosuka, Jepang.

Berdasarkan rekaman video radio Jepang NHK dari helikopter Sabtu pagi, terlihat kerusakan parah pada sisi kanan kapal AS. Tepatnya di depan menara kendali.

"Kapal perusak itu banjir di beberapa tempat," jelas salah satu anggota Angkatan Laut AS yang tak disebutkan identitasnya.

Sejauh ini penjaga Pantai Jepang berada di lokasi kejadian dan tengah memberi bantuan.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: