Sukses

Kuwait Minta RI Jadi Penengah Krisis Teluk

Menlu Retno menyampaikan bahwa posisi Indonesia siap membantu upaya perdamaian antara Qatar dan Kawasan Teluk.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menerima perwakilan khusus dari Uni Emirat Arab (UEA), Ma'ali Abdurrahman Muhammad Al-Uwais pada Kamis, 15 Juni 2017 di Gedung Pancasila Jakarta.

Al-Uwais yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Kesehatan UEA, ditunjuk sebagai perwakilan khusus untuk menyampaikan beberapa pesan kepada pihak Indonesia terkait retaknya hubungan Qatar dengan beberapa negara di kawasan negara teluk.

"Indonesia dipilih menjadi negara yang menerima pesan karena pihaknya menilai bahwa Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan seluruh negara di dunia. Posisinya dinilai netral dan selalu memberi kontribusi nyata terhadap perdamaian dunia," ujar Menlu Retno, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kamis (15/6/2017).

"Pesan yang disampaikan adalah, pihaknya setuju bahwa dialog dan komunikasi secara langsung menjadi opsi tunggal demi terciptanya perdamaian. Kita juga berbicara bahwa military option is not an option. Jadi kita mengedepankan dialog politik agar tujuannya tercapai," ucap Retno.

Dalam pertemuan itu, Retno juga menyampaikan posisi Indonesia menanggapi isu tersebut, dan siap membantu upaya perdamaian. Sejak pemutusan hubungan diplomatik yang terjadi pada 5 Juni 2017 lalu, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan menlu di berbagai negara.

"Dua hari yang lalu saat transit di Amsterdam, saya mendapat telepon dari Menteri Luar Negeri Kuwait. Ini adalah komunikasi kedua saya dengan Menlu Kuwait. Saat itu kita membahas perkembangan masalah krisis dan upaya yang akan dilakukan di masa mendatang," ujar Retno.

"Sebelumnya, saya juga berkesempatan menjadi pembicara pada Oslo Forum. Di sela-sela acara, saya juga berbicara dengan beberapa pejabat luar negeri, salah satunya menlu Uni Eropa. Sekali lagi, dialog adalah elemen paling utama untuk meredakan kasus tersebut. Saya juga merasa senang dan lega ketika UEA setuju untuk mengambil opsi dialog demi terwujudnya perdamaian," ia menambahkan.

Retno mengatakan, Indonesia akan terus memantau kondisi Timur Tengah. Komunikasi akan terus dijalankan bersama negara-negara kunci lainnya.

Indonesia juga berpesan kepada negara-negara kunci untuk tidak melakukan hal yang dapat meningkatkan tensi krisis Teluk.

Posisi Indonesia juga didukung secara penuh oleh emir Kuwait yang menjadi salah satu tokoh paling dihormati di kawasan Teluk. Oleh sebab itu, RI bersama negara lain di kawasan Uni Eropa akan terus mendukung mediasi antara Qatar dan negara kawasan Teluk yang terlibat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini