Kesenian RI Ramaikan Festival Ramadan di Kairo

Oleh Tanti Yulianingsih pada 14 Jun 2017, 10:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2017, 10:30 WIB
Salah satu pertunjukan Tanah Air yang digelar di Kairo. (Dokumentasi KBRI Kairo)
Perbesar
Salah satu pertunjukan Tanah Air yang digelar di Kairo. (Dokumentasi KBRI Kairo)

Liputan6.com, Kairo - KBRI Kairo berpartisipasi dalam Festival Ramadan Lifestyle yang dilaksanakan pada 10 Juni 2017 di Small Hall, Cairo Opera House. Kegiatan itu dibuat dalam rangka memperkenalkan budaya dan tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Rabu (14/6/2017), festival budaya tahunan yang diselenggarakan saat Ramadan ini merupakan kerja sama Kementerian Kebudayaan Mesir dengan Cairo Opera House (COH). Diikuti oleh beberapa negara lain seperti Tunisia, Sudan, dan Palestina.

Acara itu sekaligus untuk meningkatkan people-to-people contact yang telah terjalin selama ini. Selain itu, juga diharapkan dapat menunjukkan perpaduan antara nilai-nilai keislaman dengan keberagaman budaya nusantara.

Dalam acara tersebut, sejumlah kesenian tradisional Tanah Air dibawakan oleh siswa Sekolah Indonesia Cairo. Pertunjukan pencak silat yang dibawakan oleh para mahasiswa Indonesia dan warga Mesir anggota Tapak Suci juga mewarnai kegiatan tersebut.

Sebelum Ramadan, KBRI Kairo juga menggelar kegiatan seru lainnya. Acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk peningkatan apresiasi bahasa dan budaya Indonesia di luar negeri.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) itu diselenggarakan dalam bentuk Lomba Pidato dan Mendongeng Berbahasa Indonesia di Luar Negeri.