Sukses

Bali, Journey to Paradise Memukau Masyarakat Austria

Kegiatan promosi wisata 'One Moment in Bali: Journey to Paradise' yang menampilkan keindahan budaya khas Bali memukai masyarakat Austria.

Liputan6.com, Wina - Kegiatan promosi wisata 'One Moment in Bali: Journey to Paradise' memukau masyarakat Austria. Kegiatan yang menampilkan keindahan wisata, budaya, kesenian tari, dan musik khas Bali itu diadakan di klub ternama di Wina, Porgy and Bess, pada 6 Juni 2017.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan produk unggulan asal Pulau Dewata, yakni Kopi Bali yang diimpor langsung oleh Pelage Coffee. Pengunjung juga disuguhi berbagai makanan khas Indonesia yang disiapkan oleh KBRI Wina.

Kegiatan promosi tersebut dihadiri oleh lebih dari 150 orang yang berasal dari lebih dari 80 perusahaan yang bergerak di bidang tour and travel, kalangan jurnalis dan blogger, serta industri makanan dan minuman.

Grup musik Balawan and Friends menjadi bintang utama dalam kegiatan promosi wisata tersebut.

Menurut Duta Besar RI untuk Austria, Darmansjah Djumala, kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan salah satu prioritas Pemerintahan Presiden Jokowi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, salah satunya pariwisata.

Sebagai ujung tombak diplomasi Indonesia di luar negeri, Perwakilan RI bertugas mempromosikan Tanah Air ke berbagai khalayak di luar negeri. Sejak ditetapkannya target kunjungan wisatawan sebesar 20 juta orang pada tahun 2019, promosi wisata merupakan salah satu bagian penting.

Djumala menambahkan, kegiatan promosi Bali di Wina tersebut merupakan bagian dari upaya membumikan diplomasi Indonesia di luar negeri. Hal itu bertujuan memberi manfaat langsung bagi rakyat, dengan terus mencari peluang kerja sama dan mendorong potensi yang dimiliki Indonesia ke pasar Austria.

Dari sisi jumlah, kunjungan wisatawan asal Austria masih memiliki banyak peluang untuk terus dikembangkan. Data imigrasi menunjukkan bahwa selama 5 tahun terakhir, angka pertumbuhan wisatawan Austria selalu berada di atas 10 persen per tahun.

Seperti keterangan pers dari KBRI Wina yang diperoleh Liputan6.com, Rabu (7/6/2017), ciri khas wisatawan asal Austria adalah mereka kebanyakan memilih menginap di hotel bintang lima dengan lama tinggal di atas dua minggu. Wisatawan negara tersebut mayoritas mengunjungi Bali dan menjelajah berbagai wilayah Indonesia dari Bali.

Dalam berbagai pameran wisata yang diikuti oleh KBRI Wina, destinasi lain yang juga diminati oleh wisatawan Austria adalah Borobudur, Pulau Komodo dan kawasan Raja Ampat.

Dengan potensi yang ada, perlu dorongan terus-menerus dan koordinasi dengan berbagai stakeholder di Indonesia seperti Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Association of the Indonesia Tour & Travel Agencies (ASITA).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini