Sukses

Mantan Menteri di India Lulus SMA di Usia 82 Tahun

Om Prakash merupakan seorang mantan menteri utama di negara bagian Haryana, India. Ia berkuasa selama empat periode.

Liputan6.com, New Delhi - Om Prakash Chautala, seorang mantan menteri di India, yang tengah menjalani hukuman penjara atas kasus korupsi baru saja dinyatakan lulus ujian sekolah menengah atas (SMA). Ia menamatkan sekolahnya itu di usia 82 tahun.

Om Prakash merupakan seorang mantan menteri utama di negara bagian Haryana. Ia berkuasa selama empat periode.

Yang bersangkutan ditahan di penjara Tihar, Delhi dan menempuh ujiannya di sana. Terkait "prestasi" Om Prakash, sang putranya, Abhay Chautala, mengatakan kepada surat kabar Indian Express bahwa ayahnya telah "memutuskan untuk menghabiskan waktunya di penjara dengan lebih bermakna."

"Dia membaca koran dan buku. Dia meminta sipir untuk mencari buku-buku favoritnya. Dia membaca buku tentang politikus hebat dari seluruh dunia," ungkap Abhay. Ia menambahkan, ayahnya pergi ke perpustakaan penjara setiap hari seperti dilansir BBC, Rabu (17/5/2017).

Om Prakash dan 54 orang lainnya ditahan karena memalsukan dokumen untuk mempekerjakan 3.206 guru pada periode 1999-2000. Jaksa mengatakan, kandidat yang memenuhi syarat ditolak sementara mereka yang mengandalkan suap diterima.

Sosok Om Prakash tidak asing di dunia politik India. Selain merupakan pemimpin Partai Lok Dal, ia juga merupakan anak dari mantan wakil PM Devi Lal.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India