Sukses

Suami Ratu Elizabeth II Mundur dari Tugas Kerajaan

Keputusan mundurnya Pangeran Philip dari tugasnya di kerajaan datang dari dirinya sendiri. Ia pun didukung oleh sang istri, Ratu Elizabeth.

Liputan6.com, London - Rapat mendadak di Istana Buckingham baru saja usai. Dalam pertemuan yang melibatkan seluruh anggota rumah tangga kerajaan mengumumkan bahwa Duke of Edinburgh atau Pangeran Philip yang tak lain adalah suami Ratu Elizabeth II mundur dari tugas kerajaan pada musim gugur tahun ini.

Keputusan mundurnya Pangeran Philip dari tugasnya di kerajaan datang dari dirinya sendiri. Ia pun didukung oleh sang istri, Ratu Elizabeth II.

"Yang Mulia Duke of Edinburgh memutuskan ia tak lagi menjabat tugas kerajaan semenjak musim gugur tahun ini. Dalam keputusan ini, Duke mendapat dukungan penuh dari Sang Ratu," demikian pengumuman Istana Buckingham yang dikutip dari BBC pada Kamis (4/5/2017).

Pangeran Philip tetap akan menghadiri sejumlah acara yang telah dijadwalkan hingga Agustus mendatang. Hanya saja, ia tak akan menerima undangan baru.

Sang pangeran, yang akan berusia 96 tahun pada Juni mendatang, adalah seorang patron, presiden, dan anggota dari lebih 780 organisasi. Ia berjanji akan terus berhubungan dengan mereka.

"Namun, pangeran tak lagi aktif berperan dalam sejumlah acara," kata juru bicara Istana Buckingham.

Pengumuman ini dibuat setelah publik Inggris kaget dengan laporan yang mengatakan seluruh staf Ratu Elizabeth II di seantero Inggris diminta datang ke sebuah rapat mendadak dan penting di Istana Buckingham, London, hari ini, Kamis 4 Mei 2017.

Pertemuan tersebut, yang disebut tiba-tiba dan digambarkan sebagai sangat tidak biasa oleh pengamat kerajaan, telah memicu rumor seantero Inggris, demikian seperti dikutip dari News.com.au.

Ada spekulasi bahwa pengumuman nanti akan berhubungan dengan kesehatan Ratu Elizabeth atau suaminya, Duke of Edinburgh.

Media sosial di Inggris pun ramai. Sebagian besar berisi kepanikan dan mengusung teori mulai dari abdikasi atau pelepasan takhta hingga isu-isu serius lainnya.

Meski demikian, Buckingham mengonfirmasi bahwa baik Ratu dan Pangeran dalam kondisi sehat.

Sang ratu baru saja bertemu dengan Perdana Menteri Theresa May di Istana Buckingham pada Rabu 3 Mei 2017, sementara Pangeran Philip hadir dalam acara kelab kriket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini