Sukses

3 Gempa Kuat Guncang Filipina

Dari ketiga guncangan gempa Filipina itu, yang terkuat dilaporkan berada pada kedalaman 43 km.

Liputan6.com, Luzon - Tiga gempa bumi mengguncang Filipina, di Provinsi Batangas, Pulau Luzon. US Geological Survey (USGS) melaporkan, lindu pada hari Sabtu itu memiliki besaran kekuatan 5,0 hingga 5,9 skala Richter.

Dari ketiga guncangan gempa Filipina itu, yang terkuat dilaporkan berada pada kedalaman 43 km.

"Gempa sekitar 90 km arah selatan ibu kota Manila itu terjadi selama sekitar 20 menit," kata USGS yang dikutip dari The Malay Mail Online, Sabtu (8/4/2017).

Seorang wartawan melaporkan bahwa ia merasakan getaran selama lebih dari satu menit di distrik bisnis Makati Manila. Wilayah itu memang dilaporkan telah mengalami tremor sejak awal pekan ini.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa maupun cedera atau kerusakan properti.

Sementara itu, melansir dari The Independent menurut keterangan jurnalis AFP, terlihat orang-orang berlarian keluar dari gedung perkantoran di distrik keuangan Manila.

Jaringan televisi ABS CBN kemudian menyiarkan gambar penumpang bergegas meninggalkan Pelabuhan Internasional Batangas, yang terletak di dekat episentrum gempa Filipina.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.