Sukses

Australia Bangun 1.400 Sekolah dari Sabang Sampai Merauke

Peresmian sekolah yang paling baru dilakukan oleh pihak Australia ada di Pulau Sulawesi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Australia, memberikan bantuan nyata untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Cara yang dilakukan salah satunya dengan membangun ribuan sekolah di Tanah Air.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Konselor Politik dan Diplomasi Publik Kedutaan Australia untuk Indonesia, Bradley Armstrong. Ia mengatakan, pembangunan sekolah adalah program jangka panjang dan berkelanjutan yang tengah berjalan.

"Dari Aceh sampai Merauke kita bangun 1.400 sekolah," sebut Armstrong di kantor Kedutaan Besar Australia di Indonesia di Patra Kuningan Jakarta, Kamis (4/4/2017).

Peresmian sekolah yang paling baru, kata Armstrong dilakukan di Pulau Sulawesi. Ada dua Kabupaten yang sekolahnya dibangun Pemerintah Australia.

"Minggu lalu saya pergi ke Kabupaten Parigi Moutong (Sulawesi Tengah), Australia bekerjasama membangun 22 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)," papar dia.

Selain Parigi Moutung, peresmian sekolah bantuan Australia juga dilakukan di Mamuju. Wilayah itu sempat menjadi sorotan pemberitaan karena ditemukan ular piton memangsa seorang petani.

"Di Mamuju (Australia) bangun 10 sekolah," tambah dia.

Armstrong mengatakan, sekolah yang dibangun negaranya di Indonesia, tidak cuma SD atau SMP. Namun, hampir semua jenis sekolah mereka bantu pembiayaannya.

Bukan cuma pembangunan sekolah, kontribusi Australia juga diperlihatkan dengan memberikan beasiswa bagi warga Indonesia. Ia menyebut negaranya memberikan beasiswa terbanyak ke Tanah Air.

"Untuk beasiswa S2 dan S3 dari semua negara kita paling banyak, sekira 300 pertahun untuk orang Indonesia. (Beasiswa) ada berapa bagian, 50 persen untuk perempuan dan 50 persen untuk laki-laki," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.