Sukses

Norwegia Rencanakan Pembunuhan Massal Rusa, Ini Alasannya

Pembunuhan massal rusa ini dikabarkan akan berlangsung di kawasan pengunungan barat laut kota Oslo.

Liputan6.com, Oslo - Norwegia berencana untuk melakukan pembunuhan massal rusa. Tindakan ini ditempuh demi menghentikan penyebaran penyakit Chronic Wasting Disease (CWD) atau sapi gila pada rusa.

Menurut laporan The Local yang dikutip Telegraph, Minggu, (2/4/2017), para ahli mengatakan, seluruh kawanan rusa harus dibunuh untuk mencegah penyakit menghancurkan populasi hewan tersebut di Norwegia.

Ribuan rusa yang sudah disisihkan kabarnya akan dibunuh di kawasan pengunungan barat laut Oslo.

Kasus pertama terkait penyakit jenis ini di Eropa terkuak April 2016 pada seekor karibu muda. Tak lama, gangguan serupa ditemukan pada tiga ekor rusa.

Setidaknya, terdapat 2.200 hewan di Nordfjella, wilayah di mana tiga rusa terinfeksi itu berada.

Layaknya penyakit sapi gila pada hewan lainnya, CWD juga menyebabkan penurunan berat badan kronis sebelum akhirnya binatang itu mati.

Ahli Keamanan Pangan Norwegia dilaporkan telah melakukan penguji ekstensif demi memastikan sejauh mana penyakit tersebut telah menyebar.

Pekan lalu, Komite Ilmiah Norwegia untuk Keamanan Pangan mempublikasikan penilaian terkait risiko dan merekomendasikan langkah-langkah komprehensif yang harus diambil untuk memberantas penyakit itu.

Mereka juga menyerukan agar rusa milik penduduk lokal yang terkena dampak untuk disembelih sebagai tindakan pencegahan.

"Jika pemerintah ingin memberantas penyakit ini, maka kita punya peluang emas sekarang. Karena sepertinya, penyebarannya masih terbatas pada bagian utara Nordfjella," ujar salah seorang anggota komite.

"Bila tujuannya untuk memberantas maka jalan terbaik adalah menembak seluruh kawanan (rusa)," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini