Sukses

Heboh Rambu 'Awas Umat Yahudi' di Inggris

Seorang warga Yahudi yang berada di lingkungan tersebut, kemudian melaporkannya kepada polisi.

Liputan6.com, London - Sebuah kota di Inggris menuai perhatian karena ditemukan rambu jalan yang sepertinya merupakan peringatan terhadap kaum Yahudi. Larangan "Waspada terhadap orang Yahudi" itu terpampang hanya beberapa kilometer dari sebuah sinagog di utara kota London.

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/3/2017), rambu tersebut bergambar siluet seorang pria Yahudi ortodoks yang mengenakan topi Fedora. Rambu terpasang pada sebuah tiang lampu di Stamford Hill pada Selasa 14 Maret 2017 waktu setempat.

Seorang warga Yahudi yang berada di lingkungan tersebut, kemudian melaporkannya kepada polisi.

Barry Bard yang merupakan warga Yahudi di Shomrim, London, Inggris mengatakan rambu tersebut merupakan yang pertama yang ditemukan dalam jenisnya. Hal itu membuat cemas masyarakat setempat, apalagi sepertinya perencanaan pembuatan rambu itu sangat rapi.

"Orang-orang dari Stamford Hill sangat sedih terhadap ungkapan kejahatan kebencian anti-Semit. Umumnya pelecehan verbal atau serangan langsung," kata Bard.

"Orang yang merencanakan (pembuatan rambu itu) jelas berupaya untuk menakut-nakuti dan meresahkan masyarakat setempat."

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri bayangan sekaligus anggota parlemen setempat, Diane Abbott, mengatakan hal itu 'menjijikkan' dan 'tidak bisa diterima'. Sementara anggota parlemen Partai Buruh dari Tottenham, David Lammy menyebut hal itu sebagai hal 'tercela, perilaku buruk yang tidak mendapat tempat sama sekali dalam masyarakat'.

Dewan Hackney diperkirakan akan mengambil rambu 'waspada Yahudi' itu pada Rabu pagi waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini