Sukses

Menguak Jejak MH370, Pesawat Malaysia yang Raib 3 Tahun

3 tahun sudah Malaysia Airlines MH370 hilang misterius. Berikut ini jejak pesawat nahas itu yang telah diselidiki.

Liputan6.com, Jakarta Tiga tahun sudah pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang bersama 239 orang di dalamnya. Peristiwa ini menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia yang belum terpecahkan.

Sejauh ini tim pencari hanya menemukan puing-puing di Samudra Hindia yang diduga kuat milik pesawat yang menghilang pada 8 Maret 2014. Tiga di antaranya telah dikonfirmasi merupakan bagian dari kapal terbang nahas itu, sementara lima benda lain yang sepertinya milik MH370 tapi tak meyakinkan.

Pencarian yang melibatkan 3 negara pun dihentikan pada Januari lalu. Meski upaya penghentian itu menuai kontroversi dari kerabat pesawat MH370.

Apa saja jejak MH370 -- yang hilang dalam perjalanan dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju Beijing -- yang didapati selama 3 tahun pencarian? Berikut ini adalah rinciannya dikutip dari CNN, Kamis (9/3/2017):

Temuan Terkonfirmasi

1. Wing Flap

Ditemukan di: Tanzania
Waktu : Juni 2016

Pihak berwenang mengatakan benda ini adalah bagian dari puing-puing yang telah dikonfirmasi milik MH370. Ditemukan pada bulan Juni di Pemba Island, di Samudera Hindia dekat daratan. Hal ini diyakini merupakan bagian dari wing flap dari Boeing 777 yang hilang.

2. Fragmen Sayap Pesawat

Ditemukan di: Mauritius
Kapan: Mei 2016

Fragmen dari sayap pesawat ini telah dikonfirmasi sebagai bagian dari pesawat jet MH370 yang hilang. Tedapat deretan angka yang terdaftar dari unit kapal terbang itu.

3. Flaperon

Ditemukan di: Pulau Reunion
Waktu: Juli 2015

Para pejabat Australia mengatakan flaperon yang ditemukan tersebut dikonfirmasi berasal dari pesawat MH370. Benda ini merupakan yang paling pertama ditemukan sejak kapal terbang nahas itu menghilang 8 Maret 2014.

Para pejabat Prancis mengatakan, kode pada flaperon yang dicocokkan di perusahaan pembuatnya terdaftar sebagai bagian yang dipasang untuk MH370.

Pulau Renion, tempat temuan itu berada di Samudra Hindia antara Madagaskar dan Mauritius.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temuan yang Belum Terkonfirmasi

1. Cabin interior panel

Ditemukan di: Madagaskar
Waktu: Juni 2016

Hasil penyelidikan yang dilakukan menunjukkan benda ini "hampir pasti" bagian dari pesawat jet yang hilang.

Otoritas transportasi Australia menegaskan bagian adalah dari jenis pesawat yang sama, namun mereka tidak dapat mengkonfirmasi secara khusus merupakan milik MH370.

MH370 adalah satu-satunya Boeing diyakini hilang di Samudera Hindia. Australia mempelopori pencarian untuk pesawat jet itu, bermitra dengan Malaysia dan China.

2. Engine cowling

Ditemukan: Mossel Bay, Afrika Selatan
Waktu: Maret 2016

Bagian diidentifikasi memiliki tulisan Rolls Royce memang kerap digunakan oleh Malaysia Airlines.

Sama seperti bagian-bagian sebelumnya yang ditemukan, benda itu masih dikategorikan "hampir pasti" dari pesawat jet yang hilang. Tapi karena tidak memiliki ciri khas yang berhubungan dengan MH370, pejabat hanya dapat mengkonfirmasi itu dari jenis pesawat yang sama.

3. Panel Interior Kabin Utama

Ditemukan di: Pulau Rodrigues, Mauritius
Waktu: Maret 2016

"Panel interior khusus ini adalah dari kabin utama," kata para pejabat Australia.

Potongan, bahan, dimensi, konstruksinya memang cocok dengan unit Boeing yang digunakan maskapai Malaysia Airlines. Tapi lagi-lagi tak ada pengidentifikasi khusus yang membuat bagian itu pasti milik MH370.

Meski statusnya "hampir pasti" dari pesawat jet yang hilang, tetapi temuan itu tidak dikonfirmasi sebagai bagian dari MH370.

4. Stabilizer

Ditemukan di: Mozambik beach
Waktu: Februari 2016

Pejabat Australia yang merupakan ujung tombak upaya pencarian di Samudra Hindia mengkonfirmasi bagian yang melekat pada ekor adalah "hampir pasti" dari pesawat jet MH370.

Meski disebutkan puing tersebut berasal dari pesawat Boeing Malaysia Airlines, pejabat tidak bisa memastikan itu dari MH370 karena tak memiliki ciri khas terkait kapal terbang itu.

5. Flap Track Fairing

Ditemukan di: Mozambik beach
Waktu: Desember 2015

Para pejabat Australia mengatakan bagian dari sayap kanan yang ditemukan di pantai Mozamik ini adalah "hampir pasti" dari pesawat MH370. Namun mereka tak bisa mengonfirmasinya, meski tulisan dan warna pada benda itu sesuai dengan yang digunakan oleh Malaysia Airlines.

Ketidakyakinan muncul karena lagi-lagi benda itu tak memiliki ciri khusus dari bagian MH370.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.