Sukses

Perkuat Persahabatan, Presiden Afrika Selatan Temui Megawati

Pertemuan Zuma dengan Megawati turut membahas kerja sama partai politik antar-dua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan presiden Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma di kediamannya di Jalan Teuku Umar No 27, Menteng, Jakarta.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Menurut dia, kunjungan kali ini bertujuan memperkuat ikatan kesejarahan dan persahabatan kedua negara.

"Tentu saja bagaimana dialog bangsa-bangsa Afrika dan Asia terus-menerus ditumbuhkan. Ketika Ibu Mega menjadi presiden, beliau memelopori dialog Selatan-Selatan," ujar Hasto kepada awak media.

"Bagaimana peran Presiden Afrika Selatan dengan Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Australia dalam mendorong kerja sama negara-negara di Lautan Hindia, merupakan terobosan positif untuk memperkuat aspek perdagangan maupun hubungan kesejarahan dari bangsa-bangsa di Asia dan Afrika," imbuh dia.

Hasto juga mengatakan, dalam pertemuan tersebut akan didorong soal kerja sama di antara partai politik, mengingat kapasitas Megawati sebagai Ketua Partai PDIP.

Dalam pertemuan tersebut, Megawati didampingi oleh Hasto Kristiyanto dan sejumlah Ketua DPP PDIP seperti Utut Adianto, Djarot Saiful Hidayat, dan Rokhmin Dahuri.

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama juga turut mendampingi Megawati dalam pertemuan itu.

Sementara itu Presiden Jacob Zuma didampingi oleh sejumlah stafnya, yakni Menteri Hubungan Internasional Maite Nkoana Mashabane, Menteri Lingkungan Edna Molewa, Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Senzeni Zokwana, Direktur Jenderal Kepresidenan C. Lubisi, Kepala Pegawai Operasional Kepresidenan Lakela Kaunda, Wakil Direktur Jenderal untuk Asia dan Timur Tengah A Sooklal, serta Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Pakamisa Augustine Sifuba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.