China Bangun Jembatan Terpanjang Penghubung 3 Kota

Oleh Alexander Lumbantobing pada 02 Mar 2017, 19:40 WIB
Diperbarui 02 Mar 2017, 19:40 WIB
Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau
Perbesar
Jembatan itu memangkas waktu perjalanan dari Hong Kong ke Makau dan Zhuhai yang dulunya ditempuh dalam 4 jam menjadi hanya 30 menit. (Sumber Macau Daily Times)

Liputan6.com, Hong Kong - China membangun sebuah jembatan yang disebutkan terpanjang di dunia, menghubungkan 3 kota yakni Hong Kong, Makau dan Zhuhai di China Daratan. Sarana penghubung tersebut diharapkan mampu meningkatkan kegiatan perdagangan dan ekonomi di Delta Sungai Mutiara.

Kota Zhuhai terletak di Provinsi Guangdong yang selama ini menjadi hub perkonomian China.

Dikutip dari CCTV pada Kamis (2/3/2017), jembatan itu memiliki panjang hampir 50 kilometer, termasuk terowongan bawah air dan sebuah jembatan membentang di atas laut.

Dengan adanya jembatan tersebut, perjalanan ke kawasan itu menjadi lebih singkat.

Setelah beroperasi, jembatan itu memangkas waktu perjalanan dari Hong Kong ke Makau dan Zhuhai. Hanya dibutuhkan waktu tempuh 30 menit, dari sebelumnya yang mencapai 4 jam.

Menurut para pakar, penghematan waktu tersebut jelas akan memajukan hubungan antara dua kawasan administratif khusus (special administrative region, SAR) dengan China Daratan.

Pada 2015 lalu, suatu kawasan perdagangan bebas dibangun di Zhuhai dan sejak itu menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Lingkungan yang ramah bagi perdagangan dan investasi telah menarik sejumlah besar pebisnis dari Hong Kong dan Makau.

Banyak perusahaan akhirnya memindahkan kantor mereka ke kawasan perdagangan bebas tersebut.

Menurut pihak berwenang, jembatan baru itu membawa kemudahan dan memberikan manfaat.

Kata Wei Dongqing selaku Direktur Eksekutif Wewenang Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau, "Ada banyak sumberdaya tanah dan air di tepi barat Sungai Mutiara, sehingga menjadi potensi partumbuhan."

"Jembatan besar ini akan mengubungkan kelompok-kelompok kota dan menggabungkan sumber daya serta ruang."

Direktur itu juga menambahkan, bahwa perbaikan lalu lintas juga mengurangi biaya pengangkutan barang dan meningkatkan pariwisata sehingga meningkatkan kesempatan tambahan pertumbuhan di kawasan tersebut.

Peta jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau. (Sumber Wikimedia)

Sementara itu, laman berbagi video milik akun resmi CCTV pada unggahan tanggal 20 Februari 2017 menjelaskan, bahwa sambungan terakhir sepanjang 182 meter jembatan itu -- yaitu tabung bawah air ke-29 (E29) -- telah disambung dengan tabung ke-28 (E28).

Pekerjaan penyambungan itu memerlukan waktu sekitar 27 jam. Celah terowongan akan ditutup dengan tabung bawah air ke-30 (E30). Penyambungan E29 dan E30 dijadwalkan pada akhir April mendatang.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya