Sukses

Terungkap, Rahasia Panjang Umur Suster Berusia 110 Tahun

Seorang suster asal Italia, Candida Belloti, merayakan ulang tahunnya ke-110.

Liputan6.com, Roma - Seorang suster asal Italia, Candida Belloti, merayakan ulang tahunnya ke-110. Dia disebut-sebut merupakan suster tertua yang masih hidup di negara tersebut.

Belloti mengatakan, ia sangat bersyukur bisa mencapai umur lebih dari satu abad. Menurut Belloti, dirinya punya rahasia kenapa bisa hidup selama ini di dunia.

"Rahasia umur panjang adalah mencintai, mengasihi, dan terus mencintai dengan sukacita," ucap Belloti seperti dikutip dari Premier Journalist, Jumat (24/3/2017).

Suster tersebut menambahkan dirinya adalah satu dari sedikit orang beruntung. Sebab, ia sempat dipimpin 10 paus dan 57 Perdana Menteri Italia.

Hari jadi Belloti semakin spesial usai pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus menyampaikan ucapan selamat.

"Saya merasakan sukacita atas ulang tahunnya. Dan dari hati saya yang tulus saya ucapkan selamat," ucap Paus.

Sebelumnya, keduanya telah bertemu pada tiga tahun lalu. Pertemuan tersebut terjadi ketika Belloti merayakan hari jadi ke-103.

Belloti jadi pelayan Tuhan pada 1931. Usai itu ia mendedikasikan hidupnya untuk pekerjaan sosial di sejumlah rumah sakit di Italia.

Sejak kecil Belloti punya ambisi untuk tinggal di biarawati dan melayani Tuhan.

"Selama hidup saya, saya selalu berbicara pada diri saya, di mana Tuhan tempatkan saya, itu adalah tempat yang tepat bagi saya," ucap Belloti.

Kendati sudah berusia sangat lanjut, Belloti bukan suster tertua. Marie-Josephine Gaudette adalah yang paling sepuh. 

Ia merupakan perempuan kelahiran AS yang memilih tinggal di Roma. Gaudette saat ini berusia 115 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.