Sukses

16 Tahun Buta, Pria Ini Akhirnya Bisa Menatap Wajah Istrinya

Berkat bantuan teknologi, seorang pria yang buta selama 16 tahun karena penyakit langka bisa kembali melihat.

Liputan6.com, New York - Coba bayangkan seorang yang baru saja menjadi orangtua. Tentu dia merasakan kebahagiaan dan kebanggaan yang tak terkira. Rasanya tidak bisa menunggu melihat anak itu bertumbuh dan menjadi berkat bagi dunia.

Tapi ada satu masalah. Kita tidak bisa "mengamati" ketika anak itu bertumbuh. Karena mengidap suatu penyakit langka, secara hukum sudah buta (legally blind).

Mungkin dipaksa menerima bahwa mungkin kita tidak akan pernah punya kesempatan menatap bayi itu. Kenyataan suram itu terjadi pada banyak orang, tapi untunglah sekarang ada harapan.

Dikutip dari liftable.com pada Rabu (8/2/2017), teknologi terus muncul dan menghantarkan kemajuan yang dulunya dikira tidak akan mungkin. Teknologi-teknologi baru memberikan harapan kepada banyak orang yang mengidap penyakit atau kekurangan.

Gene Purdie dari Denver, Colorado, menderita penyakit Stargardst selama 16 tahun. Penyakit mengerikan itu menghalangi Gene melihat benda-benda di depan penglihatannya. Ia hanya bisa melihat sedikit-sedikit melalui tepi pandangannya.

Ia menjelaskan penglihatan itu seperti melihat bagian-bagian puzzle yang masih harus disusun.

Gene bertemu dengan Joy, calon istrinya saat itu, ketika ia sudah didiganosis menderita penyakit langka itu. Karena itu, ia tidak pernah secara jelas melihat kekasihnya. Pasutri itu kemudian mendapatkan seorang bayi lelaki yang juga tidak bisa dilihat oleh Gene.

Joy menulis surat ke suatu acara, The Rachael Ray Show, setelah menonton segmen tentang seorang pengidap penyakit Stargardt mendapat kesempatan melihat lagi dengan menggunakan kacamata elektronik. Ia berharap Gene juga mendapatkan hadiah tersebut.

Berkat bantuan teknologi, seorang pria yang buta selama 16 tahun karena penyakit langka bisa kembali melihat. (Sumber Facebook/Sharon Purdie)

Kejadian selanjutnya memang mengharukan. Ketika kacamata itu dipasangkan ke kepala Gene, ia segera melihat sekeliling. Kacamata itu dihubungkan dengan layar lebar, sehingga para pemirsa bisa melihat apa yang dilihat Gene melalui lensa-lensa elektronik tersebut.

Ketika pandangannya tiba pada Joy, Gene tidak dapat menahan pujiannya, "Cantiknya dia." Suami dan ayah itu kemudian menahan air mata ketika melihat istri dan bayi lelaki mereka.

Gene kemudian mencoba mencari orangtuanya di tengah kerumunan penonton. Sudah 16 tahun lamanya ia tidak melihat mereka dan akhirnya ia bisa melihat mereka lagi.

Simak pengalaman Gene dalam cuplikan tayangan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.