Sukses

Barisan 1.186 Pesepeda Pecahkan Rekor Dunia

Barisan pesepeda itu mulanya beranggotakan 1.200 orang, tapi ada beberapa orang yang kemudian terkena diskualifikasi karena terpisah.

Liputan6.com, Dhaka - Lebih dari 1.000 pesepeda di Bangladesh memecahkan rekor barisan terpanjang di dunia.

Kegiatan itu diadakan oleh komunitas nirlaba pesepeda, BDCyclists. Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor dengan 1.186 pesepeda dalam barisan tunggal mulai dari Dhaka, ibu kota Bangladesh.

Dikutip dari UPI, Kamis (26/1/2017), upaya pemecahan rekor Guinness World Record kategori "barisan tunggal terpanjang sepeda (bergerak)" itu dilakukan pada 19 Januari 2017.

"Kami adalah masyarakat umum yang terdiri dari pelajar, pegawai sipil, dan pelaku usaha yang memiliki tujuan sama. Untuk tetap sehat dalam gaya hidup yang penuh stres, bersepedalah untuk rekreasi, bepergian, kesehatan, dan hiburan."

Demi memecahkan rekor dunia, lebih dari 1000 orang di Bangladesh bersepeda berurutan. (Sumber Guinness World Record)

Barisan pesepeda itu mulanya beranggotakan 1.200 orang, tapi ada beberapa orang yang kemudian terkena diskualifikasi karena terpisah dari barisan. Setiap peserta diwajibkan mengayuh terus menerus sejauh 3,3 kilometer, sambil tetap berada dalam barisan dan tidak boleh terdapat celah terlalu jauh.

Kendati demikian, jumlah 1.186 pesepeda itu sudah melebihi rekor dunia sebelumnya yang hanya 984 orang pada 2015. Rekor itu diraih saat Sarajevo Grand Prix di Sarajevo, ibu kota Bosnia dan Herzegovina.

Berikut ini rekaman upaya pemecahan rekor pesepeda di Bangladesh tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.