Sukses

Hii...Ular Piton Australia Ini Telan Bulat-bulat Kanguru

Juru bicara klub golf kepada koran lokal Cairns Post mengatakan, penduduk setempat kerap kali melihat pemandangan seperti itu.

Liputan6.com, Queensland - Seorang pemain golf di Australia mendapat pemandangan menakjubkan sekaligus mengerikan. Kala asik berolahraga, ia melihat seekor ular piton sepanjang 4 meter tengah menelan bulan-bulat wallaby.

Wallaby adalah binatang asli Australia, tubuhnya mirip dengan kanguru hanya ukurannya lebih kecil.

Insiden itu terjadi di lapangan golf Paradise Palm Golf Course di Cairns, Queensland pada akhir pekan lalu.

Ular piton Australia memiliki khas kulitnya yang kasar oleh sebab itu dipanggil Scrub Phyton. Di negeri itu, ia merupakan reptil terpanjang. Hewan melata itu kerap menyerang mangsanya dengan cara bersembunyi di pohon atau rumput tinggi lalu menyergapnya.

Robert Willemse, adalah anggota klub golf itu selama 10 tahun. Baru kali ini ia melihat ular menelan hewan marsupial malang itu.

"Semua orang yang tengah golf denganku kaget bukan kepalang. Ini pemandangan langka," kata Willemse seperti dikutip dari BBC, Rabu (14/12/2016).

"Aku berada di sana sekitar lima menit, karena tak tega melihat hewan malang itu dimangsa. Menurut teman-temanku, ular itu makan dengan cepat lalu melata ke kali kering terdekat," lanjutnya.

Juru bicara klub golf kepada koran lokal, Cairns Post mengatakan penduduk setempat kerap kali melihat pemandangan seperti itu.

Dan Natuchs, seorang ahli biologi dari Universitas Sydney mengatakan, pemandangan itu hal biasa. Ular piton kerap kali memangsa wallaby.

"Mereka bisa dibilang predator terestrial terbesar di Australia, lebih besar dari dingo," katanya kepada BBC.

Natusch mengatakan spesies non-berbisa tidak menimbulkan ancaman besar bagi manusia.

"Ular Scrub tidak melihat kami sebagai mangsa," katanya.

"Hanya, hati-hati saja, karena mereka memiliki gigi yang sangat tajam dan Anda tidak ingin digigit."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini