Sukses

14-12-2003: Saddam Husein Jatuh ke 'Tangan' Amerika

Sayembara berhadiah US$ 25 juta ditawarkan oleh pihak berwenang AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Saddam Husein.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini 13 tahun silam, Presiden terguling Irak, Saddam Hussein, jatuh ke 'tangan' tentara AS. Pelariannya telah berakhir.

"Ladies and gentlemen, kita sudah menangkapnya. Tiran ini adalah tahanan," kata administrator AS, Paul Bremer kepada wartawan di Baghdad seperti dikutip dari BBC on This day.

Saddam Hussein ditemukan bersembunyi di sebuah bunker kecil di rumah lokasi pertanian sekitar 10 mil (15 km) selatan dari kota asalnya, Tikrit.

Seorang juru bicara militer AS, Mayor Jenderal Raymond Odierno mengatakan operasi itu diluncurkan segera setelah informasi dari seorang anggota keluarga Saddam Hussein.

"Selama 10 hari terakhir kami membawa sekitar lima sampai 10 anggota keluarganya, dan akhirnya mendapat informasi utama dari salah satunya," beber Odierno.

Saddam Hussein ditemukan di sebuah spider hole atau gudang cukup besar untuk seseorang berbaring. Ukurannya 1,8 m x 2,5 meter.

Pintu masuk bagian atasnya dilapisi polystyrene dan ditutupi dengan karpet, batu bata dan tanah. Saddam telah bernapas melalui ventilasi udara dan kipas extractor.

Mantan diktator Irak itu dipersenjatai dengan pistol, tapi Mayor Jenderal Odierno mengatakan, ia menyerahkan diri tanpa perlawanan. Dia tampak bingung dan mengalami disorientasi saat ditangkap pukul 20.30 waktu setempat.

Dalam penangkapan tersebut, dua orang tak dikenal yang mengaku 'sekutu dekat' Saddam Hussein juga dibekuk. Senjata dan uang tunai lebih dari US$ 750 ribu turut disita.

Rekaman video yang dirilis oleh militer AS yang menunjukkan Saddam dalam kondisi awut-awutan, dengan jenggot hitam dan abu-abu yang panjang dan menjalani pemeriksaan medis.

Sebelumnya, Saddam tak diketahui keberadaannya sejak pasukan AS memasuki Baghdad pada April 2003.

Meskipun menjadi salah satu orang yang paling diburu dalam sejarah, ia berhasil menghindari penangkapan selama delapan bulan.

Sayembara Berhadiah

Sebelum penangkapannya, pihak AS mengumandangkan sayembara berhadiah US$ 25 juta, bagi mereka yang bisa memberikan informasi mengarah pada penangkapannya.

Sebuah hadiah yang sama diklaim untuk mengungkapkan keberadaan anak-anak Saddam Hussein: Uday dan Qusay, yang tewas dalam serangan oleh pasukan AS di kota Mosul, Irak utara pada Juli 2003.

Ketika berita penangkapan Saddam Husein tersebar ke seluruh Irak, orang-orang mulai merayakannya di jalan-jalan Baghdad dan kota Kirkuk. Mereka berpesta, membunyikan klakson, dan menembakkan kembang api ke udara.

Sementara kota-kota kubu pendukung Saddam Husein di Tikrit dan Fallujah sebaliknya, muram dan tenang.

Pada tanggal yang sama tahun 1902, kabel telegraf pertama dibentangkan di Samudra Pasifik. Sementara pada 14 Desember 1503 tercatat sebagai hari lahir Nostradamus, astrolog Perancis ternama yang meramalkan kiamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini