Sukses

RI-Taiwan Peringati 40 Tahun Kerjasama Perikanan

Sejak 1976 Taiwan telah mengirimkan misi kerjasama teknik peningkatan kualitas perikanan ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Taiwan dan Indonesia merayakan terjalinya kerjasama teknik di bidang pertanian dan perikanan ke-40. Hubungan ini dimulai sejak 1976.

Pada tahun tersebut delegasi misi teknis Taiwan datang ke Indonesia untuk bekerjasama di bidang pertanian dan perikinan.

Sejak saat itu Taiwan secara konsisten terus memperkuat kerjasama tersebut. Sekarang tercatat sudah puluhan perusahaan Taiwan yang melakukan investasi di bidang agraria dan perikanan.

Dalam acara resepsi perayaan kerjasama empat dekade ini, Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) di Indonesia bekerjasama dengan beberapa perusahan negara tersebut mengadakan jamuan makan malam. Ratusan orang dari kalangan bisnis, akademisi dan media datang ke acara tersebut.

Dalam resepsi ini Direktur TETO, Chang Liang-Jen memaparkan laporan singkat hasil, kerjasama 4 dekade ini.

"Bantuan Taiwan untuk perkembangan pertanian dan perikanan Indonesia telah membuahkan hasil yang luar biasa, nyata dan mendapat pengakuan dari berbagai kalangan," Chang dalam keterangan pers yang disampaikan kepada Liputan6.com.

"Melalui serangkaian bantuan yang terencana, pembagian pengalaman perkembangan pertanian dan perikanan Taiwan yang berharga, bantuan untuk meningkatkan teknik mengolah lahan, meningkatkan pendapatan secara signifikan melalui bimbingan marketing, penjualan di pasar swalayan di Jabotabek dan kota-kota besar," sambung dia.

Chang mengungkapkan bahwa meningkatkan kerjasama pertanian dan perikanan dengan negara-negara ASEAN adalah salah satu bagian penting dari Kebijakan Baru ke Arah Selatan.

Demi meningkatkan kerjasama pertanian Taiwan-Indonesia, pada bulan Mei tahun ini telah ditandatangani MOU peningkatan kerjasama dengan dasar kerjasama pertanian dan perikanan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.