Sukses

7 Kado Natal Favorit dari Masa ke Masa

Perayaan Natal merupakan salah satu momen yang ditunggu banyak orang, terutama anak-anak. Mereka tak sabar menerima kado.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kata "Natal" diucapkan, wajah Santa Claus (Sinterklas), pohon cemara dihiasi lampu kerlap kerlip, salju, film Home Alone, dan kado, menjadi hal yang terlintas di benak beberapa orang.

Terutama bagi anak-anak, Natal merupakan hari di mana 'permintaan' mereka dikabulkan.

Biasanya mereka akan dengan senang hati menanti libur panjang tersebut. Sambil membisikkan ke telinga orangtua mereka, hadiah apa yang mereka inginkan dari Santa Claus.

Permintaan itu bermacam-macam mulai dari mainan, makanan, pakaian, dan liburan. Para orangtua pun mulai sibuk mengunjungi toko-toko untuk mencari kado Natal untuk buah hati mereka.

Hadiah yang diberikan biasanya berkaitan dengan apa yang sedang populer saat itu, contohnya saja saat ini karakter Moana dan Trolls sedang populer di kalangan anak-anak. Biasanya orangtua akan memberikan sesuatu yang berkaitan dengan tokoh kartun anak tersebut, seperti baju atau sepatu.

Namun, ada perubahan dalam 'selera' kado natal anak-anak dari tahun ke tahun. Anak-anak yang hidup sebelum zaman milenium, memiliki selera hadiah Natal yang berbeda dengan anak modern.

Transformasinya terlihat jelas dalam beberapa perubahan hadiah natal anak dari tahun ke tahun, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/12/2016).

Berikut selengkapnya perubahan kado natal dari tahun ke tahun:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. 1950-an

Potato Head (wikipedia)

Anak-anak tahun 1950-an lebih sederhana. Karena pada masa itu teknologi belum terlalu maju, hadiah Natal yang populer kala itu adalah figur Potato Head, boneka Barbie (dibuat pada 1959), dan Play Doh.

Hula Hoops juga menjadi salah satu 'incaran' pada masa itu. Sekitar 25 juta lingkaran plastik terjual dalam beberapa bulan peluncurannya.

3 dari 8 halaman

2. 1960-an

E-Sketch (wikipedia)

Pada 1960-an Etch-A-Sketch populer dijadikan kado Natal oleh orangtua kepada anak mereka. Papan tulis tersebut sebenarnya telah keluar pada 1959. Namun baru terkenal pada awal 1960, sebagai mainan anak yang paling banyak dicari.

Selain itu mainan remote control juga populer pada masa ini.

4 dari 8 halaman

3. 1970-an

Dalam satu detik, robot ini mampu sempurnakan rubik.

Pada masa itu permainan Rubik mulai digandrungi tidak hanya oleh anak-anak, namun juga orang dewasa. Banyak bocah yang meminta orangtua mereka untuk menghadiahi natal dengan permainan teka-teki kubus tersebut.

Mainan lainnya yang juga populer pada 1970-an adalah figura Star Wars, Stretch Armstrong, dan Simon -- permainan yang menguji daya ingat. 

5 dari 8 halaman

4. 1980-an 

 

Set boneka dan rumah boneka (wikipedia)

Banyak mainan yang populer dijadikan kado natal pada 1980-an masih populer saat ini. Hanya saja kemasannya lebih baru, dan tentu saja lebih canggih.

Salah satu mainan yang ramai digandrungi pada tahun itu adalah Polly Pockets atau set boneka beserta rumahnya. Figur yang banyak dicintai oleh gadis kecil, yaitu My Little Pony yang merupakan karakter kartun anak populer di dunia. 

6 dari 8 halaman

5. 1990-an

 

Game boy populer pada 1990-an (Wikipedia)

Tahun besar bagi perusahaan mainan adalah 1990-an. Banyak permainan diadopsi dari kartun anak terkenal seperti Kura-kura Ninja, Pokemon, Power Ranger, dan Nintendo.

GameBoy menjadi salah satu yang menjadi hadiah paling diincar oleh hampir semua anak-anak di dunia. Selain itu, pada pertengahan 1990-an Scooter menjadi salah satu mainan 'wajib punya' bagi anak-anak. 

7 dari 8 halaman

6. 2000 - 2009

 

Beyblade (wikipedia)

Sebagian anak-anak milenium masih merasakan bagaimana asyiknya bermain Nintendo dan Beyblade. Namun pada masa itu mereka juga telah mulai menikmati permainan yang lebih canggih seperti robot kontrol, Playstations, dan Xbox 360.

Playstation diduga menjadi kado natal yang paling diincar pada 2005. Walaupun belum secanggih sekarang, gim konsol tersebut berhasil merebut hati jutaan anak di dunia.

8 dari 8 halaman

7. Sekarang

 

Ilustrasi tiga seri iPad (Sumber: The Verge)

Lalu bagaimana dengan sekarang, 2016? Playstation mungkin masih menjadi salah satu mainan favorit anak. Namun bagaimana dengan Scooter, Beyblade, dan Rubik? 

Bocah modern lebih tertarik untuk menikmati waktu luang mereka dengan bermain gadget. Baik itu telepon genggam ataupun tablet, seperti salah satunya iPad atau iPod. 

Hampir semua anak ingin memiliki teknologi canggih tersebut. Selain dapat digunakan untuk mengakses media sosial, tablet juga dapat digunakan untuk bermain gim online seperti Clash of Clan atau COC. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.