Sukses

PM Jepang Rencanakan Kunjungan ke Pearl Harbor

Shinzo Abe akan menjadi PM Jepang pertama yang mengunjungi situs bersejarah tersebut.

Liputan6.com, Tokyo - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berencana kembali mengunjungi Amerika Serikat (AS). Namun, kali ini, Abe akan menginjakkan kakinya di Pearl Harbor, Hawaii.

Rencananya, Abe akan berada di Hawaii pada 26-27 Desember. Ia datang di daerah tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap korban peristiwa Pearl Harbor 75 tahun lalu.

Selain itu, lawatannya ini merupakan pertemuan terakhirnya dengan Presiden Barack Obama yang akan segera mengakhiri tugasnya.

"Saya bersama Presiden Obama akan melakukan kunjungan ke Pearl Harbor. Lawatan ini juga untuk mengibur jiwa-jiwa yang jadi korban," ucap Abe, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/12/2016).

"Saya ingin menunjukan kepada dunia bahwa perang tidak boleh terulang lagi," sambung dia.

Abe merupakan PM Jepang pertama yang melakukan lawatan resmi ke Pearl Harbor. Serangan Jepang ke pangkalan militer AS pada 1941 itu disebut-sebut sebagai salah satu penyebab pecahnya Perang Dunia II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.