Ke Indonesia, PM Belanda Kunjungi Semarang dan Jakarta

Oleh Tanti Yulianingsih pada 22 Nov 2016, 15:01 WIB
Diperbarui 22 Nov 2016, 15:01 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, melakukan lawatan resmi ke Indonesia. Ada beberapa kota yang dikunjungi Orang Nomor Satu di Pemerintahan Negeri Tulip tersebut.

PM Belanda itu tiba di tanah air Senin malam. Lalu, pada Selasa ini delegasi tingkat tinggi itu akan terbang ke Jawa Tengah.

"Jadi akan ke Semarang, di sana akan ada bisnis delegasi (ikut ke Semarang)," ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir Kemlu, Senin 21 November 2016.

Di Semarang, Rutte dijadwalkan mengunjungi Centre for Law Enforcement Cooperation. Pusat pelatihan penegak hukum ini merupakan hasil kerjasama tiga negara Indonesia, Australia dan Belanda.

Setelah melakukan acara di Semarang, Rutte baru akan menuju Jakarta. Di ibu kota, dirinya berencana bertemu Presiden Joko Widodo.

"Ketemu Presiden tanggal 23 (November di Jakarta). itu agenda utamanya. jadi ke Semarang dulu," paparnya.

Tata mengatakan, fokus utama lawatan Rutte adalah soal penguatan hubungan ekonomi kedua negara.

"Yang diutamakan adalah bagaimana kita bekerjasama di bidang ekonomi," papar dia.

Tidak cuma di bidang ekonomi, sejumlah isu yang jadi kepentingan bersama siap dibahas Rutte dan Jokowi. Terutama, soal beberapa kemampuan Belanda yang bisa dipelajari Indonesia.

"Belanda punya keahlian dalam pengelolaan air contohnya dalam membuat kanal yang juga jadi kepentingan Indonesia di situ," pungkas Tata.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya