Sukses

Selfie 'Perpisahan' PM Australia dan Obama di KTT APEC

Dengan senyum lebar hingga terlihat gigi, keduanya berpose semringah. Apa makna di balik selfie keduanya?

Liputan6.com, Lima - Presiden AS Barack Obama menghadiri acara Asia-Pacific Economic Cooperation summit (KTT APEC) atau puncak Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Peru pada Minggu 20 November 2016. Banyak kepala negara hadir di acara tersebut, salah satunya dari Australia.

Pada kesempatan itu, Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull berfoto bersama dengan orang nomor satu di Amerika. "Selfie perpisahan" saat Barack Obama menjabat sebagai presiden AS.

Dengan senyum lebar hingga terlihat deretan gigi, keduanya berpose semringah dan selfie dengan ponsel yang dipegang PM Turnbull.

Kedua pria itu berada di acara tersebut selama 50 menit. Mereka sempat membicarakan dukungan untuk perdagangan bebas - termasuk Trans Pacific Partnership - menentang retorika kampanye Presiden AS terpilih Donald Trump.

Dalam pertemuan tersebut, PM Turnbull memuji Obama sebagai pemimpin yang luar biasa.

"Ini adalah kesempatan penting ketika salah satu presiden serah terima ke presiden lainnya," ucap Turnbull seperti dikutip dari BBC, Senin  (21/11/2016).

"Presiden Obama menjadi pemimpin yang luar biasa untuk Amerika Serikat dan pemimpin dunia selama delapan tahun. Ada unsur kesedihan, tapi juga prestasi".

Kedua pemimpin dunia itu secara pribadi juga membicarakan masalah keamanan di Laut China Selatan dan memerangi kelompok ISIS.

PM Turnbull juga berterima kasih kepada presiden AS atas kerjasamanya terkait kesepakatan untuk memukimkan pencari suaka yang ditahan di pusat penahanan lepas pantai di Papua New Guinea dan Nauru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini