Sukses

4 Ruang Bawah Tanah yang Menyimpan Rahasia 'Mengerikan'

Misteri temuan itu kerap mengejutkan para arkeolog. Mereka menemukan rahasia di masa lalu yang akhirnya terungkap. Tapi sisanya belum.

Liputan6.com, Jakarta - Relung rahasia bawah tanah bukan hanya untuk menyimpan sekedar jasad manusia. Tapi juga, tulang belulang yang tersisa di dalamnya memegang rahasia penting yang dibawa mati.

Ada berupa karya seni masterpiece, ukiran, relik bahkan bukti kematian akibat penyakit langka --kala itu-- ditemukan di ruangan bahwa tanah.

Misteri temuan sejarah itu kerap mengejutkan para arkeolog. Mereka kerap menemukan rahasia di masa lalu yang akhirnya terungkap. Namun sebagian belum.

Banyak rahasia di bawah tanah yang menanti untuk dipecahkan.

Berikut adalan 4 temuan rahasia yang terkubur di bawah tanah. Liputan6.com mengutip dari Listverse, Minggu (20/11/2016).

1. Patung Kematian Siberia

Topeng Siberia (Listverse)

Pada 2015, peneliti menemukan 20 topeng kematian dalam kuburan kuno di wilayah Kemerovo Siberia. Makam itu milik orang-orang misterius Tashtyk, prajurit yang menguasai sebagian besar dari Siberia antara 300 SM dan 500 Sesudah Masehi.Kuburan itu dikelilingi oleh dinding batu, dan ditutupi dengan atap kayu.

Butuh dua tahun untuk menggalil ubang pemakaman besar.

Para arkeolog menemukan sisa-sisa 30 orang yang telah dikremasi dan ditempatkan di dalam tubuh boneka yang terbuat dari kain dan kulit. "Topeng kematian" dari gipsum terpasang wajah boneka '.

Beberapa terkejut menemukan bahwa topeng kematian Tashtyk memiliki fitur stereotip Eropa. SJasad anak-anak ditemukan di luar makam. Tak satu pun dari anak-anak memiliki kematian masks.

Gypsum adalah mineral yang lembut, sehingga banyak yang telah hancur. Namun, para ahli percaya mereka mungkin dapat mengumpulkan wajah yang rusak.

2. Mumi Misterius

Pada tahun 2009, arkeolog menemukan tujuh mumi di kuburan berusia 900 tahun. Makam itu dipenuhi dengan dinding ditutupi prasasti ajaib. Sisa-sisa jasad diawetkan secara alami berasal dari dalam sebuah biara di Old Dongola, ibu kota kerajaan abad pertengahan Makuria di zaman modern Sudan.

Kuburan bawah tanah itu berisi jasd tujuh laki-laki, semua di atas usia 40. Ruang pemakaman itu disegel dengan batu bata dan prasasti tinta lumpur mortar.

Tinta hitam di Sahidik Koptik dan jubah Yunani terdapat di dinding bercat putih ruangan bahwah tanah ini.

Ada kutipan Injil bersama dengan nama magis dan simbol, yang diyakini telah dimaksudkan untuk melindungi mati dari kekuatan jahat. Tradisi menyatakan bahwa baru saja meninggal berada dalam keadaan fluks dan rentan sebelum mereka menghadapi penghakiman.

Gua bawah tanah ini pertama ditemukan pada tahun 1933, namun penggalian terjadi baru 70 tahun kemudian. Para ahli percaya salah satu mumi mungkin Uskup Agung Georgios, salah satu dari orang-orang Kristen yang paling kuat di Makuria.

3. Mumi Kanker

 

Pada tahun 1995, arkeolog menggali mumi Hungaria Abad ke-18. Penggalian ini akhirnya dapat merevolusi studi kanker.

Mumi Kanker (Tel Aviv University)

Sisa-sisa tubuh manusia diawetkan secara alami ditemukan di ruang bawah tanah tertutup dari sebuah gereja Dominika di Vac. Sekitar 260 sisa-sisa mumi ditemukan.

Sebuah tim peneliti Israel menguji mayat untuk melihat apakah mereka pembawa gen penyebab kanker. Dalam satu individu, mereka menemukan mutasi pada gen APC, yang diketahui menyebabkan peningkatan risiko kanker usus.

Temuan ini menunjukkan bahwa kecenderungan itu ada sebelum penyakit menjadi masalah kesehatan yang serius.

Hari ini, kanker kolorektal adalah bentuk paling umum ketiga dari kanker. Sebagian menganggap itu sebagai penyakit modern yang dihasilkan dari kurangnya aktivitas, makanan olahan, dan harapan hidup lebih lama.

Kehadiran gen bermutasi pada mumi lainnya akan menunjukkan bahwa warisan genetik mungkin bahkan lebih penting daripada lingkungan.

4. Penampakan Awal Yesus

Dalam sebuah makam di Mesir, arkeolog baru-baru menggali apa yang mungkin menjadi penggambaran tertua dari Yesus.

Terletak di kota kuno Oxyrhynchus, struktur bawah tanah yang misterius hanya bisa diakses setelah peneliti memindahkan 45 ton batu. Dinding ruang bawah tanah yang terdapat enam lapisan cat.

Yang terakhir adalah dari periode awal lukisan Koptik Christians.

Satu gambar menarik perhatian para ahli adalah tampilan misterius menunjukkan seorang pemuda dengan pakaian tunik an dan rambut keriting tengah melakukan berkat.

Beberapa percaya ini adalah rupa awal dikenal Kristus. Namun, hingga peneliti mampu menerjemahkan prasasti samar di sekitar gambar, identitas pria itu tetap menjadi misteri.

Makam bawah tanah itu milik seorang juru tulis berusia 17 tahun dan keluarga imam.

Arkeolog melaporkan bahwa mereka belum belum waktu untuk menjelajahi ruang misterius lain yang melekat pada ruang bawah tanah itu. Mereka tidak tahu apa yang akan mereka temukan di ruang tersembunyi yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini