Lucunya Aksi Beruang Kutub 'Membelai' Kepala Anjing

Oleh Nurul Basmalah pada 19 Nov 2016, 08:00 WIB
Diperbarui 21 Nov 2016, 07:15 WIB

Liputan6.com, Ottawa - Sebuah rekaman aksi menggemaskan beruang kutub 'mengelus' kepala seekor anjing menjadi viral dan digemari netizen dunia maya.

Video yang dilansir dari Daily Mail, Jumat (18/11/2016), mengabadikan predator kutub itu mendekati anjing yang dirantai di alam liar Kanada.

Beruang kutub dengan berat sekitar 150-500 kilogram itu sebenarnya bisa saja dengan mudah membunuh hewan 'sahabat' manusia yang hanya berukuran seperempat tubuhnya itu. Apalagi, anjing itu dalam kondisi dirantai.

Namun dalam rekaman berdurasi 0.35 detik itu, beruang putih itu justru menunjukkan 'sisi kelembutannya'.

Dalam rekaman yang diambil oleh David De Mulles dari Manitoba itu terlihat beruang kutub tersebut dengan lembut mengelus kepala anjing putih abu-abu yang berada di depannya.

Seakan tahu bahwa predator itu tidak akan memangsanya, anjing tersebut terlihat tenang dan membiarkan hewan besar itu menyentuh kepalanya.

Lucu, Ini Aksi Menggemaskan Beruang Kutub  'Belai' Anjing (Dailymail.com)

"Aku tidak tahu apa yang akan terjadi, dan kemudian aku yakin beruang itu mulai membelai kepala anjing. Seperti seorang teman," kata De Mulles, "Aku mengabadikan kejadian 'langka'."

De Mulles sedang membawa wisatawan untuk melihat beruang kutub, ketika mereka melintasi seekor anjing yang dipautkan di properti milik warga setempat, Brian Ladoon.

Ladoon mengembangbiakkan anjing sled -- biasa menarik kereta seluncur -- yang langka dan kebal terhadap dingin.

Lucu, Ini Aksi Menggemaskan Beruang Kutub  'Belai' Anjing (Dailymail.com)

Awalnya beruang itu mendekati anjing tersebut sehingga membuat dirinya terlihat seperti 'menara' bagi peliharaan Ladoon.

Namun kemudian dia mulai mengulurkan cakar berbulu tebalnya dan mengelus lembut kepala anjing sled.

Tidak hanya mengelus, predator kutub itu juga mengendus hewan yang berada di depannya yang hampir tak bergerak sama sekali.

Lucu, Ini Aksi Menggemaskan Beruang Kutub  'Belai' Anjing (Dailymail.com)

Kemudian beruang itu kembali mengelus anjing tersebut dengan lebih percaya diri, dan kemudian menukar cakar kanannya dengan yang kiri untuk menyentuh aning berbulu hangat tersebut.

Tak lama kemudian, anjing sled merasa terganggu dengan kehadiran sang beruang. Ia kemudian berdiri, dan mulai berjalan menghindari 'pembelainya'.

Anjing itu berjalan ke arah belakang, membuat beruang yang menginjak rantainya juga terpaksa harus mundur.

"Beruang itu terlihat sangat bersahabat dengan anjing itu. Tapi mengelus kepala anjing seperti manusia mengelus peliharaanya? Luar biasa," kata De Mulles.

"Sungguh hal menakjubkan untuk dilihat. Aku tak percaya ada hewan sebesar itu yang memiliki kebaikan hati untuk hewan yang lebih kecil," ujar pria itu.