Sukses

Arkeolog Temukan Mumi 'Utuh' Berusia 3.200 Tahun di Mesir

Arkeolog Mesir temukan mumi berusia 3.200 tahun yang merupakan jasad pelayan penguasa paling hebat zaman Mesir Kuno.

Liputan6.com, Kairo - Sekelompok arkeolog berhasil menemukan mumi utuh yang berusia 3.200 tahun. Jasad yang diawetkan di dalam sarkofagus yang dihiasi lukisan berwarna cerah itu diduga berasal dari keluarga bangsawan Mesir kuno.

Seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (16/11/2016), sarkofagus itu terbuat dari kayu yang dilukiskan gambar seorang bangsawan Mesir dengan rambut dan eyeliner hitam. Peti mati tersebut ditemukan terkubur di dekat kuil dari zaman kekuasaan Raja Thutmose III.

Mumi yang ditemukan di dekat Kota Luxor, tepi barat Sungai Nil itu diduga merupakan 'makam' seorang pria bernama Amenrenf, seorang pelayan di keluarga kerajaan.

Ministry of State of Antiquities atau Kementerian Benda Antik Mesir mengatakan bahwa sarkofagus itu diawetkan dengan menggunakan kain dan plaster, dihiasi dekorasi warna-warni, serta simbol-simbol kepercayaan.

Arkeolog Temukan Mumi 'Utuh' Berusia 3.200 Tahun di Mesir (AFP)

Sebenarnya, artefak tersebut diekskavasi oleh arkeolog beberapa tahun yang lalu di pemakaman dari masa 1075 dan 664 SM.

Mereka ingin mempelajari dulu penemuan tersebut sebelum diumumkan ke publik.

Arkeolog Temukan Mumi 'Utuh' Berusia 3.200 Tahun di Mesir (AFP)

"Mumi itu ditemukan dalam kondisi sangat bagus," kata pejabat Mesir yang senang dengan adanya penemuan peninggalan kuno itu.

Raja Thutmose III merupakan penguasa terhebat Mesir. Sang raja membangun lebih dari 50 kuil dan bangunan lainnya yang digunakan untuk mengawetkan jenazah.

Meski demikian, firaun Mesir paling terkenal adalah 'raja belia' Tutankhamen yang lebih dikenal dengan nama King Tut, yang sarkofagusnya ditemukan pada 1922. Konon, 'kutukan' menyertai mereka yang mengganggu tidur panjangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.