Sukses

'Kota Langit dan Alam Baka', Ini 10 Bentuk Awan Paling Misterius

Awan umumnya memiliki bentuk tak beraturan, setengah lingkaran, atau melengkung. Namun 10 awan ini memiliki bentuk yang mengagumkan.

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, saat masih kecil dan mendongak ke langit, Anda terkadang menemukan awan yang terlihat membentuk wajah manusia, kuda, atau mungkin menggambarkan sosok makhluk yang mengerikan.

Dengan wajah yang girang, Anda kemudian menunjukkan bentuk yang ditemukan kepada orang di samping Anda, berharap mereka juga akan melihat hal yang sama.

Awan pada umumnya memiliki bentuk tak beraturan, bergumpal-gumpal, setengah lingkaran, dan melengkung.

Penampakan awan menyerupai bentuk suatu benda merupakan hal yang tidak biasa terjadi. Terlebih lagi jika sosok yang ditampilkan oleh gumpalan 'kapas' putih itu terlihat sangat jelas dan terkadang aneh.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ditemukannya kamera, beberapa orang yang berhasil mengabadikan penampakan aneh, misterius, dan mengagumkan awan tersebut membagikan gambar mereka.

Seperti dikutip dari Wonderslist.com, Selasa (8/11/2016), berikut selengkapnya 10 bentuk awan yang terlihat mengagumkan sekaligus misterius:

1. Manusia Awan

Manusia Awan (Wonderslist.com)

Pada awal 2016 seorang manajer IT Software menjadi terkenal di dunia maya setelah sebuah gambar yang diambilnya dari ketinggian 30.000 kaki viral di internet.

Di dalam foto itu, terlihat sosok mirip manusia atau robot sedang berjalan di atas awan.

Beberapa netizen yang melihat hasil potret itu langsung mengomentari dan menghubungi manajer tersebut, dan mengatakan foto tersebut terlihat seperti sosok Iron Man.

Perdebatan pun mulai muncul, mencoba mencari penjelasan mengenai 'manusia awan' tersebut. Mereka mencoba meneliti apa yang sebenarnya dilihat pria itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wajah dan Pria yang Berlari

2. Wajah Misterius

Wajah manusia

Danies Farmer berhasil mengabadikan 'penampakan' manusia misterius di langit. Kala itu, 2011, pria yang tengah merasa khawatir akan turunnya hujan dan badai, mengamati awan hitam yang menggumpal di atasnya.

Kemudian dia menyadari gumpalan itu membentuk sesuatu yang terlihat seperti wajah manusia, dengan mata, hidung, dan mulut yang lengkap.

Danies langsung mengambil kameranya dan mengabadikan bentuk wajah itu sebelum akhirnya menghilang, bergabung dengan awan lainnya.

Setelah mengunduh foto itu ke dunia maya, gambar itu dikomentari oleh banyak netizen. Beberapa berpendapat bahwa sosok itu terlihat seperti Dewa Romawi yang sedang 'mengunjungi' Kanada.

3. Pria Berlari di Atas Awan

Berlari adalah kegiatan yang dapat dilakukan seseorang ketika kaki menyentuh sesuatu yang solid. Namun, sebuah foto yang diabdikan pada suatu musim panas, menunjukkan seorang 'pria' tengah berlari di atas awan.

Dalam gambar tersebut terlihat awan membentuk gumpalan menyerupai pria berlari. Bentuk awan misterius di langit John O Groats, Skotlandia itu kemudian diabadikan dan ramai dibicarakan netizen.

3 dari 6 halaman

Tentara Kuda dan Lingkaran Misterius

4. Tentara Kuda 'Alam Baka'

Tentara kuda (Wonderslist.com)

Sebuah foto penampakan bentuk kuda di awan menuai kontroversi bagi beberapa kelompok. Terlebih lagi dengan adanya ramalan dalam Alkitab yang menyebutkan bahwa dunia akan diakhiri dengan adanya tentara kuda 'alam baka', yang dianggap menjadi simbol perselisihan dan peristiwa penting.

Jadi, saat penampakan tentara kuda hitam itu terlihat di langit Malaysia pada 2009 perdebatan mengenai ramalan pun mulai bermunculan.

Beberapa percaya bahwa tentara kuda itu merupakan pertanda terjadinya ramalan, ada pula yang mengatakan hal itu hanyalah sebuah fenomena alam.

5. Awan Misterius 1963

Awan misterius

Pada Februari 1963, warga Arizona dilaporkan menyaksikan pembentukan awan misterius yang membuat ilmuwan kewalahan menjelaskannya.

Awan itu dilaporkan membentang sejauh 48 kilometer dan setinggi 41 kilometer di atas langit yang cerah.

Menurut keterangan saksi mata, awan itu tiba-tiba muncul. Terlihat seakan ada objek tak kasat mata yang menggambarnya.

Sayangnya awan misterius itu hanya bertahan beberapa menit dan menghilang.

4 dari 6 halaman

Pelangi di Balik Awan dan Cahaya

6. Pelangi Misterius Kosta Rika

Awan pelangi

Dalam foto penampakan misterius lainnya, pelangi tampak 'bersembunyi' di balik awan yang berada di langit Kosta Rika.

Pelangi itu dapat terlihat dengan sangat jelas, memancarkan cahaya warna-warni dari atas awan hitam yang menggumpal di bawahnya.

Menurut keterangan warga, awan 'pelangi' itu terbentuk bertepatan dengan Independence Day Kosta Rika. Banyak yang mempercayai bahwa awan misterius itu merupakan 'tanda kemunculan Tuhan'.

Namun ilmuwan dengan cepat menepis rumor tersebut dan mengatakan bahwa awan 'pelangi' itu merupakan permainan warna awan yang disebut 'cloud iridescence'.

7. Cahaya Misterius 2015

Cahaya misterius (Wonderslist.com)

Sebuah cahaya misterius terlihat di langit Greenwood, Indiana, pada 2015. Cahaya misterius itu terlihat seperti 'tergantung' di langit sebelum akhirnya menghilang.

Rekaman video penampakan cahaya misterius itu pun menjadi viral di dunia maya dan ramai dibicarakan netizen.

Ada yang mengatakan bahwa sinar itu adalah cahaya yang dikeluarkan oleh pesawat alien yang mencoba menginvasi Bumi. Yang lainnya menyebutkan sinar itu merupakan petanda kiamat.

5 dari 6 halaman

Kota di Atas Awan

8. Kota di Atas Awan

Kota di atas awan yang terbentuk di langit China (vidio.com)

Banyak anak kecil yang bertanya-tanya apakah awan merupakan sesuatu yang solid dan dapat dihuni, atau adakah peradaban di atas awan.

Belum lagi dengan adanya film sains fiksi yang menampilkan kota di atas awan. Hal ini tentunya membuat mereka semakin bertanya-tanya adalah peradaban di atas langit.

Jawabannya? Bervariasi, ada yang mengatakan tidak ada yang bisa tinggal di atas awan, namun ada pula yang mengatakan kota di atas awan itu ada.

Hal tersebut seakan dibenarkan dengan beredarnya foto penampakan awan yang membentuk kota misterius di langit.

Dalam gambar tersebut dapat dilihat bangunan-bangunan tersusun membentuk sebuah kota awan. Foto itu diabadikan di China dan membuat warga Tiongkok cemas dan ketakutan.

Setelah gambar tersebut tersebar di dunia maya berita menggemparkan pun merebak di kancah internasional, mengatakan 'portal dunia lain' telah terbuka.

6 dari 6 halaman

Awan Jatuh dan Gulungan

9. Awan 'Jatuh'

Awan Jatuh

Ketika seseorang menyebut kata 'awan', yang terbayangkan dalam pikiran adalah gumpalan 'kapas' putih yang berada di atas langit.

Namun apa yang akan Anda lakukan jika terbangun di suatu pagi dn menemukan halaman belakang rumah Anda dipenuhi oleh awan.

Walaupun terdengar aneh dan mengherankan menemukan awan 'jatuh' di halaman Anda, namun hal ini merupakan suatu kenyataan yang terjadi di beberapa belahan dunia.

Kisah mengenai awan jatuh bukan merupakan hal yang baru di Moroko. Fenomena itu dianggap warga sebagai taktik licik pemerintah untuk memanupulasi cuaca.

Untuk mengecoh warga, pemerintah Moroko menjelaskan pada penduduk bahwa 'awan jatuh' itu merupakan busa air laut.

Penjelasan itu dianggap tak rasional oleh warga yang mengetahui busa laut mengandung jumlah air yang besar, berbeda dengan 'awan jatuh' yang lebih terlihat seperti jaring laba-laba.

10. Gulungan Awan

Gulungan Awan

Pernahkah Anda terbangun pada pagi hari dan menemukan gulungan awan membentang sepanjang 620 mil di atas laut, dengan tinggi kira-kira 100 hingga 200 meter.

Jika belum, jangan terkejut karena hal itu mungkin saja terjadi. Sebuah foto penampakan awan misterius itu membuat banyak orang terheran-heran, setelah diunggah oleh Rob Sharrock pada 2010.

Dalam gambar itu terlihat awan berbentuk silinder membentang di atas laut yang biru, di Maldanado, Uruguay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini