Sukses

Marvel Angkat Kisah Pilu Ibu 'Superhero' di Suriah ke Dalam Komik

Komik berjudul Madaya Mom terinspirasi dari kisah nyata di mana terdapat seorang ibu yang terperangkap di sebuah kota Suriah, Madaya.

Liputan6.com, New York - Sepanjang sejarah, salah satu perusahaan pemroduksi komik terbesar asal Amerika Serikat Marvel, telah menerbitkan beberapa komik yang mengangkat sejumlah isu dunia. Misalnya saja pada Perang Dunia II, mereka menggambarkan Captain America meninju wajah Adolf Hitler.

Untuk terus melanjutkan tradisi tersebut, mereka telah bekerja sama dengan ABC untuk memproduksi komik yang bercerita tentang seorang ibu asal Suriah yang memiliki kesabaran luar biasa dan naluri keibuan.

Berjudul "Madaya Mom", komik yang terinspirasi dari kisah nyata itu mengisahkan seorang ibu lima anak terperangkap di Madaya, sebuah kota di Suriah yang terkepung.

Pada tahun ini, puluhan orang di Madaya meninggal karena kelaparan, dan hanya sedikit orang yang bisa terhubung dengan dunia luar.

Karakter "Madaya Mom" terinspirasi dari seorang warga di Madaya, Suriah. Ia berhasil menghubungi jurnalis ABC yang mencatat perjuangannya untuk bertahan hidup di berbagai postingan blog.

"Badan kami tak lagi terbiasa untuk makan," ujarnya dalam sebuah panel seperti dikutip dari Independent, Rabu (19/10/2016).

"Anak-anakku lapar, namun mereka merasakan sakit ketika makan karena tubuhnya tak bisa mencerna dan menyerap makanan akibat kelaparan dalam jangka waktu yang lama," imbuh dia.

Berbicara kepada The National, seniman Dalibor Talajic mengatakan bahwa komik yang dapat dibaca online secara gratis itu tidak dilebih-lebihkan.

"Aku tidak mau membuat komik tentang perang. Aku ingin membuat komik dengan sudut pandang warga, di mana kamu sangat tak berdaya. Tak bisa berbuat apa-apa. Kamu hanya menunggu giliran kapan meninggal," ujar Talajic.

"Ini bercerita tentang seorang ibu, namun ini juga berlaku untuk semua ibu. Ini tentang sebuah keluarga, namun ini juga terjadi untuk seluruh keluarga," ujar Talajic yang dikenal atas karya Deadpool.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.