21 Siswi Korban Penculikan Boko Haram Dibebaskan

Oleh Khairisa Ferida pada 13 Okt 2016, 19:10 WIB
Diperbarui 13 Okt 2016, 19:10 WIB
Boko Haram Rilis Video Terbaru Kondisi Tahanan Siswi Chibok
Perbesar
Boko Haram Rilis Video Terbaru Kondisi Tahanan Siswi Chibok (Aljazera)

Liputan6.com, Abudja - Kelompok pemberontak Boko Haram telah membebaskan 21 murid perempuan yang mereka culik di Chibok, Nigeria pada 2014 lalu. Laporan ini dikonfirmasi juru bicara presiden, Garba Shehu.

Seperti dilansir BBC, Kamis (13/10/2016) Shehu menjelaskan bahwa pembebasan itu merupakan hasil negosiasi antara pemerintah dan Boko Haram. Para siswa yang dibebaskan kini berada bersama otoritas keamanan setempat.

Aksi Boko Haram menculik lebih dari 270 siswi dari sebuah sekolah di Chibok pada 2014 lalu memicu kecaman internasional. Tagar #BringBackOurGirls pun ramai digunakan di media sosial Twitter sebagai kampanye pembebasan gadis-gadis itu.

Sejak adanya peristiwa penculikan hingga saat ini, hanya pembebasan 21 gadis tersebut yang dikonfirmasi. Hanya saja pada Mei lalu, seorang gadis berusia 19 tahun yang merupakan salah satu korban ditemukan oleh kelompok militan yang disokong militer Nigeria.

Sementara lebih dari 50 korban penculikan dilaporkan berhasil melarikan diri pada hari itu juga.

Boko Haram terbentuk pada 2002 lalu sebagai inisiatif melawan gaya pendidikan ala Barat. Dalam Bahasa Hausa, nama Boko Haram dapat diartikan 'Pendidikan Barat Dilarang'.

Kelompok pemberontak tersebut baru melancarkan operasi militernya pada 2009. Ribuan orang tewas dan ratusan lainnya diculik dalam konflik dengan Boko Haram.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya