Sukses

Taiwan Perkuat Promosi Wisata Halal untuk Muslim

Taiwan saat ini mencanangkan pembangunan utama yang inovatif pada lima bidang.

Liputan6.com, Jakarta - Paduan suara murid-murid dari Taipei School membuka acara perayaan Hari Nasional ROC (Taiwan) ke-105. Lagu kebangsaan Taiwan dan Indonesia dikumandangkan secara bergantian.

Dalam acara itu, disampaikan bahwa kebijakan baru pemerintah Taiwan mengarah ke selatan atau disebut dengan New Southbound Policy. Berpedoman kepada pembangunan di segala bidang dan saling menguntungkan.

"Selain itu juga akan dikembangkan kerja sama dengan 18 negara di ASEAN, Asia Selatan, dan Australia. Meliputi kerja sama ekonomi, pertukaran tenaga ahli, berbagi sumber alam untuk menciptakan suatu kawasan ekonomi," ucap Representative TETO, Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia, Liang-Jen Chang, di Hotel Borobudur Jakarta, Senin 10 Oktober 2016 malam.

"Kebijakan ini implementasinya termasuk mempermudah regulasi visa ke Taiwan, mempromosikan makanan halal dan pariwisata untuk kaum muslim, serta produk Taiwan di luar negeri, meningkatkan kegiatan pertukaran mahasiswa dan beasiswa belajar bahasa Mandarin di Taiwan," imbuh dia.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia, Liang-Jen Chang di acara pemotongan kue dalam rangka perayaan hari nasional Taiwan. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Taiwan saat ini juga mencanangkan pembangunan utama yang inovatif di lima bidang, yakni bioteknologi dan farmasi, pertahanan nasional, energi berkelanjutan, mesin cerdas, serta internet of thing. Taiwan juga mengajak pengusaha Indonesia agar ikut berinvestasi di lima bidang pembangunan ini demi mencapai kesejahteraan ekonomi bersama.

"Berdasarkan kebijakan Pak Jokowi, kebijakan ekonomi dan pendidikannya, kebijakan baru Taiwan ini diharapkan bisa membantu berbagi keuntungan antar-kedua negara, terutama bagi para pemuda," tutur dia.

Dalam perayaan ini, Taiwan juga menghadirkan pameran produk kreatif negeri tersebut oleh Taitra (Taiwan Trade Center). Guna memperkenalkan berbagai produk high-tech yang inovatif dari Taiwan, dihidangkan pula berbagai kuliner khas Taiwan, seperti bubble tea, Taiwan tea, snow ice, planet popcorn, golden coffee.

Acara tersebut juga memutarkan tayangan yang berjudul "Lighting up, Inspiring Asia", yang memperlihatkan keindahan panorama, sosial budaya, keberhasilan ekonomi politik serta inovasi generasi muda Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini