Sukses

Gunung Api Colima di Meksiko Meletus, Ratusan Warga Dievakuasi

Letusan Gunung Api Colima di Meksiko City ditakutkan akan mengulang kembali erupsi parah yang terjadi pada 1913.

Liputan6.com, Meksiko City - Abu dan asap hitam mengepul dari kawah gunung api yang berada 690 kilometer dari Barat Laut Meksiko City. Aliran lava yang diakibatkan oleh erupsi dilaporkan terlihat mengaliri lereng Gunung Colima.

Letusan gunung tersebut membuat lebih dari 350 penduduk yang tinggal di La Yerbabuena dan La Becerrera -- kawasan kaki gunung -- terpaksa harus dievakuasi.

Menurut laporan yang dikutip dari BBC, Minggu (2/10/2016), tidak hanya warga di kawasan kaki gunung, penduduk di Jalisco juga dievakuasi demi mencegah terdapatnya korban jiwa akibat letusan Gunung Api Colima.

Erupsi dilaporkan terjadi sejak Jumat 30 September 2016. Batu panas turun dari kawah gunung dan membuat warga yang berada di lereng sebelah selatan dan tenggara dilanda kecemasan.

Seperti dikutip dari Bostonglobe, erupsi pertama kali terjadi pada Jumat 30 September 2016.

Letusan itu mengakibatkan batu panas dari gunung yang juga disebut Volcano of Fire itu menggelinding menuju permukiman warga.

Selain itu asap tebal dan debu vulkanik juga dikhawatirkan dapat mencelakai warga.

Evakuasi telah dilakukan di 3 desa. Belum ada korban tewas atau pun terluka  akibat bencana alam ini.

Letusan gunung Colima juga pernah terjadi pada awal tahun 2016. Erupsi itu disebut sebagai letusan besar yang dikhawatirkan akan mengulang kembali kejadian pada 1913.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini