Sukses

Menko Polhukam: Indonesia Tak Akan Berpaling dari ASEAN

Wiranto menegaskan, peranan RI akan diperkuat di ASEAN dan tak akan berpaling dari organisasi negara-negara Asia Tenggara itu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan, ASEAN tetap menjadi prioritas Indonesia. Bahkan peranan RI akan diperkuat di organisasi negara-negara Asia Tenggara itu.

Keterangan tersebut disampaikan dalam ajang Conference on Indonesian Foreign Policy 2016 : Finding Indonesia's Place In The Brave New World yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

Menko Polhukam menekankan, sikap ini diambil karena RI adalah natural leader dari ASEAN.

"Spekulasi bahwa Indonesia akan berpaling  dari ASEAN dan agak lebih mementingkan G20, isu itu tidak perlu kita percaya," kata Wiranto di Kota Kasablanka, Sabtu (17/9/2016).

Wiranto menekankan, niat RI untuk selalu bersama ASEAN tak perlu diragukan. Pasalnya, ASEAN adalah 'rumah' bagi Indonesia.

"Indonesia selalu hadir dalam tatanan sosial ASEAN, ASEAN tetangga kita, keluarga kita, kita jatuh bangun bersama ASEAN," tegas Wiranto.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN, Jose Tavarez menyatakan, sejatinya Indonesia akan aktif dalam semua organisasi multilateral yang diikuti.

Namun, ASEAN tetap jadi salah satu organisasi yang utama bagi RI. Organisasi paling dekat dengan Indonesia.

"Di ASEAN kan paling dekat dan merupakan cornerstone kebijakan politik luar negeri kita sejak dulu dan akan tetap seperti itu," paparnya.

"Kita Akan terus berjalan sama ASEAN karena itu ada di halaman kita, di sekitar kita," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

  • FPCI