Sukses

Digendong di Lokasi Banjir Cetek, Menteri Ini Menuai Hujatan

Kunjungan seorang menteri di India ke wilayah yang terkena banjir memicu kontroversi. Apa pasal ia harus digendong dua orang sekaligus?

Liputan6.com, New Delhi - Kunjungan seorang pejabat negara ke daerah yang terkena musibah adalah peristiwa yang lazim. Namun hal berbeda terjadi di India.

Kedatangan seorang menteri ke wilayah yang dilanda banjir berujung menjadi bahan candaan bahkan kemarahan. Pasalnya, dalam foto yang beredar menteri dari negara Madhya Pradesh, Shivrah Singh Chauhan itu terlihat dibopong petugas ketika melintasi area banjir.

Seperti dikutip dari BBC, Senin (22/8/2016) foto itu memicu kemarahan bahkan tersebar sebagai meme.

Sebagian besar wilayah di India tengah dilanda banjir setelah volume air di sejumlah sungai naik hingga ke level membahayakan. Setidaknya 17 orang dilaporkan tewas dalam musibah banjir yang terjadi di Madhya Pradesh.

Sementara di Bihar, negara bagian timur, setidaknya 15.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka setelah banjir melanda belasan distrik. Banjir umum terjadi di India selama musim hujan, yakni antara Juni dan September.

Dan seperti menteri lainnya, Chauhan juga melakukan kunjungan ke wilayah yang terkena banjir pada akhir pekan. Ia meninjau upaya penyelamatan, namun foto yang beredar membuat publik menanggapi negatif kedatangannya itu.

Meme Shivrah Singh Chauhan yang beredar di media sosial Twitter (BBC/@VK_stella)

Kepada Hindustan Times, pihak Chauhan mengatakan, petugas polisi membopong sang menteri karena ia "kesulitan berjalan setelah kakinya terbentur benda keras dalam lumpur". Meski telah dijelaskan, namun para pengguna media sosial Twitter tidak berhenti memberi reaksi atas foto tersebut.

Pemilik akun Twitter, @aditalks bahkan memosting foto yang menyandingkan kunjungan ke wilayah banjir ala Chauhan versus mantan Perdana Menteri Inggris, David Cameron.

Foto Shivrah Singh Chauhan dibandingkan dengan foto mantan PM Inggris, David Cameron (BBC/@aditalks)

"Shivraj Singh Chauhan, saya tahu Anda lebih tua 8 tahun dari David Cameron, tapi Anda bisa melakukan yang lebih baik dibanding inspeksi ini," tulis pemilik akun @aditalks.

Ada pula pemilik akun Abhisek Rai @AtrangiLekhak menuliskan, "Itu adalah foto Shivraj Singh Chauhan, Kepala Menteri. Dalam berbagai level ini tindakan yang sangat salah".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.