Sukses

Cahaya Misterius Melesat di Langit California, Meteor Jatuh?

Hingga kini, para ahli belum dapat memastikan dari mana cahaya tersebut berasal.

Liputan6.com, San Diego - Penduduk di California Selatan terkesima dengan cahaya misterius yang tampak seperti bintang jatuh. Hingga kini, para ahli belum dapat memastikan dari mana hal tersebut berasal.

Pada Kamis 18 Agustus 2018, televisi lokal 10News memosting sebuah video dari hasil rekaman kamera mobil yang sedang melaju di San Diego. Klip tersebut menunjukkan cahaya di langit melaju dengan cepat pada sekitar pukul 20.30 malam.

Menurut Denver7, The National Weather Service di Amerika tak dapat memberikan penjelasan atas penampakan cahaya tersebut.

"Menurut dugaanku itu adalah meteor yang terang," ujar Kepala Griffith Observatory, Dr Ed Krupp, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (21/8/2016).

Namun Krupp membantah bahwa peristiwa itu merupakan bagian dari hujan meteor Perseid--diperkirakan puncak fenomena alam itu terjadi antara 11 hingga 12 Agustus, ketika ratusan meteor terbakar di atmosfer Bumi.

Berdasarkan laporan NBC4, The American Meteor Society juga menerima penampakan meteor jatuh di Arizona, Nevada, dan Utah.

"Aku melihatnya ketika sedang mengemudi. Aku pikir itu kembang api!" tulis akun AnnMarie di Twitter.

"Aku melihat meteor. Benda itu besar dan pecah menjadi tiga bagian," ujar Jonathan.

Salah satu penonton NBC4, Sylvia, mengatakan melalui Twitter bahwa ia melihat bola api tiba-tiba muncul dan menghilang dari langit.

Sementara itu penonton lain, George, mengatakan bahwa ia melihat jejak bergerak cepat yang terbakar di atmosfer dan meninggalkan puing-puing.

Pada 7 November 2013, penduduk di California Selatan juga meramaikan media sosial setelah peristiwa serupa terjadi. Mereka menggambarkan fenomena itu sebagai "ledakan bintang".

Para ilmuwan mengatakan bahwa kilatan cahaya kemungkinan besar berasal dari hujan meteor South Taurids.

Berikut rekaman cahaya misterius yang terlihat di langit San Diego, California Selatan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.