Sukses

18-8-1988: Eksploitasi Seks Terdakwa Tampan, Hakim AS Bunuh Diri

Seorang hakim bernama Gary M Little menembak dirinya sendiri setelah terlibat dalam kasus eksploitasi seksual terhadap sejumlah remaja.

Liputan6.com, Seattle - Seorang hakim bernama Gary M Little menembak dirinya sendiri hanya beberapa jam sebelum media Seattle Post-Intelligencer menerbitkan artikel yang menuduhnya telah mengeksploitasi terdakwa yang masih remaja secara seksual.

Di halaman depan artikel juga menyebut bahwa Little telah mengeksploitasi siswa remajanya saat menjadi guru pada 1960-an dan 1970-an. Skandal tersebut menimbulkan pertanyaan tentang sistem peradilan, karena Little telah diinvestigasi, namun penyelidikannya dilakukan secara rahasia.

Pada 1981, saat Little menjadi hakim pada tahun pertama, Seattle Post-Intelligencer menerima informasi bahwa ia memiliki hubungan yang tak biasa dengan terdakwa remaja.

Ketika wartawan menyelidiki masalah itu, ia menemukan bahwa Little yang saat itu telah bekerja sebagai konselor relawan di pengadilan anak-anak, telah didakwa atas kasus pemerkosaan tingkat tiga pada 1964.

Dilansir oleh History, Little dituduh memperkosa seorang terdakwa berusia 16 tahun di apartemennya, namun tuduhan itu dihentikan. Walaupun berita tersebut tak pernah diterbitkan, namun hal itu memicu penyelidikan penuntut umum Norm Maleng.

Kabarnya Little pernah mengunjungi tiga terdakwa remaja laki-laki di tahanan tanpa kehadiran pengacara. Salah satu dari mereka menginap di rumah sang hakim, sementara lainnya menghabiskan waktu bersamanya di tempat lain.

Little tak pernah menyangkal tuduhan atas hubungan tersebut, namun ia mengklaim hanya mencoba membantu mereka.

Tak ada bukti hubungan seksual pernah muncul ke masyarakat, namun salah satu jaksa mencatat bahwa semua terdakwa merupakan laki-laki muda, tampan, dan berambut pirang. Tidak hanya itu, terdapat bukti kuat bahwa remaja yang menginap dengan Little telah menerima pengurangan hukuman.

Para penyidik mengajukan pengaduan sebanyak 107 halaman dengan Komisi Peradilan Perilaku yang memberhentikan kasus ini dan memerintahkan agar informasi tersebut tetap rahasia.

Akhirnya di tahun 1985, Hakim Little diam-diam diberhentikan menjadi ketua karena kasus tersebut. Pada tahun yang sama, penyebutan publik atas subyek ini dipublikasi di Seattle Times.

Namun, wartawan yang menulis artikel tersebut segera ditarik dari kasus tersebut, meskipun terdapat bukti baru setelah publikasi itu dilakukan.

Sekali lagi masalah ini masih tersembunyi hingga tahun 1988, ketika dua wartawan dari Seattle Post-Intelligencer melanjutkan penyelidikan.

Segera setelah wartawan memeperoleh keterangan tertulis dari lima mantan mahasiswa yang mengklaim bahwa Little menggunakan posisinya sebagai guru untuk mengeksploitasi secara seksual, Litlle mengumumkan bahwa ia tak akan mencalonkan diri untuk pemilihan ulang.

Pada malam 18 Agustus 1988, Little ditemukan tergeletak bersimbah darah di luar ruangannya, tiga lantai di bawah sel penjara di mana ayahnya, Sterling Little, gantung diri pada Agustus 1947 setelah ditangkap dalam penyelidikan perampokan.

Di tanggal yang sama pada 1983, Badai Alicia menghantam pesisir Texas dan menyebabkan 22 orang meninggal dunia.

Tak hanya itu, pada 2008, Presiden Pakistan Perves Musharraf mengundurkan diri di bawah ancaman impeachment atau pemakzulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.