Sukses

Fakta di Balik Dekatnya Hari Kemerdekaan Indonesia dan India

Nengcha mengatakan, lebih membanggakannya lagi, baik India dan Indonesia tidak hanya merayakan kemerdekaan pada tiap Agustus.Tapi ...

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum menyampaikan fakta menarik soal hubungan negaranya dan Indonesia. Menurutnya hari kemerdekaan kedua negara yang berdekatan tidak lah suatu kebetulan.

Pernyataan tersebut disampaikan Nengcha dalam perayaan hari nasional India di Jakarta. Nengcha menyebut, hari kemerdekaan yang berdekatan ini membuktikan betapa dekatnya kedua negara.

"Fakta bahwa hari kemerdekaan kedua negara berdekatan bukanlah suatu ketidaksengajaan," ucap Nengcha di hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2016 malam.

"Ini adalah suatu pengingat betapa dekatnya hubungan serta kolaborasi antara pemimpin India dan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan," sambung dia.

Nengcha mengatakan, lebih membanggakannya lagi, baik India dan Indonesia tidak hanya merayakan kemerdekaan pada tiap Agustus. Namun, hal itu dilakukan setiap harinya.

"Dua negara bersatu di dalam perbedaan dan dirayakan setiap saat karena kita bisa hidup dalam perbedaan, multi culture, multi etnis dan multi religion," jelasnya.

India diketahui merdeka dari Inggris pada 15 Agustus 1947. Tanggal tersebut, hanya berselang 2 hari dari hari kemerdekaan Indonesia yang dirayakan 17 Agustus.

Perayaan hari kemerdekaan India ke-69 kali ini dilaksanakan secara meriah di hotel Shangri-la, Jakarta. Dalam acara itu, Kedutaan India menyajikan makanan-makanan dari sejumlah negara bagiannya seperti Mumbai, Gujarat dan Kashmir.

Acara hari nasional ini juga dihadiri beberapa pejabat penting termasuk Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.