Sukses

Kemlu: Deadline Tebusan 10 WNI di Filipina Harus Diklarifikasi

Saat Ini komunikasi antara penculik 10 WNI di Filipina terus dilakukan dengan pihak keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan muncul terkait penculikan 10 WNI oleh kelompok bersenjata di Filipina Selatan. Perusahaan tempat mereka bekerja dikabarkan diberi batas waktu untuk membayar tebusan sampai 15 Agustus 2016.

Merespons kabar tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir angkat bicara. Dia menjelaskan informasi itu masih mereka telusuri.

"(Deadline tanggal 15) itu harus diklarifikasi ya," sebut Tata di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

"Informasi yang saya tahu soal deadline adalah pada tanggal 4-5 mereka dikasih waktu 2 minggu untuk mencari solusi," sambung dia.

Meski menyatakan masih belum bisa memastikan soal batas waktu sampai tanggal 15 Agustus, komunikasi antara penculik dengan keluarga terus terjadi. Kontak dilakukan demi mengetahui bagaimana kondisi para WNI yang disekap.

"Bersama keluarga dan kantor PWNI, mereka secara reguler kalau enggak salah 3-4 hari berkomunikasi," paparnya.

Selain hal tersebut, Tata menambahkan, negosiasi tidak dilakukan penculik dengan pemerintah. Namun, kelompok bersenjata itu melakukannya dengan pihak perusahaan.

"Negosiasi itu kepada perusahaan bukan terhadap pemerintah," pungkas Tata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini