Sukses

Ancaman Mematikan Goresan Cat Indah di Cangkang Kura-Kura

Walaupun tampak aman, lapisan cat pada cangkang kura-kura dan penyu ternyata berbahaya bagi kesehatan hewan-hewan itu.

Liputan6.com, Tallahassee - Bagi beberapa orang dengan daya cipta lukisan, segala benda bisa menjadi media lukisan. Bahkan, sudah ada teknik melukis di atas permukaan air.

Sejumlah "pelukis" di Florida malah melukis di cangkang kura-kura. Walau mungkin maksudnya tidak jahat, ternyata pelapisan cat di cangkang binatang itu malah membahayakan.

Dikutip dari UPI pada Kamis (11/8/2016), lembaga Fish and Wildlife Conservation Commission di Florida menyebarkan pesan peringatan melalui laman Facebook mereka, agar warga tidak melukis di cangkang penyu dan kura-kura.

"Cat dapat menghalangi kemampuan hewan-hewan itu menyerap vitamin yang diperlukan dari matahari, menyebabkan masalah pernafasan, menyusupkan zat kimia beracun ke dalam aliran darah, dan lebih lagi," demikian ditulis lembaga itu di laman Facebook.

Cat pada cangkang tidak bisa terkelupas seluruhnya. Walaupun tampak aman, lapisan cat pada cangkang kura-kura dan penyu dapat berbahaya bagi kesehatan hewan-hewan itu. (Sumber MyFWC via Facebook)

Selanjutnya, lembaga itu menuliskan, "Orang boleh saja mengecat rumah, perabot, kanvas, atau bahkan kuku tangan dan kaki, tapi jangan pernah mengecat cangkang penyu dan kura-kura!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini