Sukses

Awas, 5 Benda Ini Berbahaya Jika Termakan Kucing

Apakah Anda telah mengetahui jika cokelat tak boleh dikonsumsi kucing? Lalu bagaimana dengan hal lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggemar dan pemelihara kucing, menyediakan makanan yang tepat untuk hewan berbulu nan menggemaskan itu mungkin sudah menjadi suatu kewajiban.

Namun apakah Anda yakin makanan yang diberikan kepada hewan peliharaan itu tak berbahaya bagi kesehatannya? Atau mungkin, tanpa sepengetahuan Anda, si kucing telah menelan sejumlah benda yang berbahaya baginya.

Berikut ini benda yang dianggapberbahaya jika termakan oleh kucing, dikutip dari Vitals, Selasa (26/7/2016):

1. Bunga Lily dan Daylily

Bunga Lily (Reuters)

Kucing yang memakan lily dan daylily dapat menderita gagal ginjal. Racun yang terdapat di dalam tanaman itu menyebabkan sel-sel ginjal mati. Jika tak diobati dengan cepat, maka akibatnya bisa fatal.

Biasanya tiga jam setelah kucing memakan tanaman tersebut, ia menunjukkan tanda-tanda berliur, muntah, dan depresi. Sekitar enam jam, kucing buang air kecil secara berlebihan.

Dokter hewan menyebut, setiap bagian dari tanaman lily beracun bahkan serbuk sarinya. Jika Anda merasa kucing kesayangan keracunan tanaman itu, segera bawa ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

2. Talas, Dieffenbachia, dan Tanaman Sejenis

Dieffenbachia (ourhouseplants.com)

Tanaman tersebut mengandung asam oksalat berbentuk kristal kecil, yang menyebabkan iritasi dan rasa terbakar di lidah kucing. Tanda-tandanya dapat dilihat dari keluarnya air liur dan bengkaknya mulut hingga bisa berdampak pada pernapasan yang terhambat.

Meski tumbuhan itu tak menimbulkan kematian, kucing akan menderita rasa sakit.

Tanaman lain yang mengandung asam oksalat juga dapat membahayakan kesehatan bagi kucing.

3. Bawang Bombay dan Bawang Putih

Bawang bombay dan bawang putih (gfnfoodsales.com)

Kedua jenis bawang tersebut dapat menyebabkan kucing muntah dan diare. Tak hanya itu, meskipun dalam jumlah kecil, bawang dapat menghancurkan sel-sel darah merah dan menyebabkan kucing mengalami anemia langka yang mematikan.

Hanya dibutuhkan sedikit bawang untuk menyebabkan kucing menderita anemia. Bahkan, makanan bayi dengan perisa bawang pun dapat mengakibatkan hewan peliharaan Anda mengalami kekurangan sel darah merah.

4. Cokelat

Dark chocolate atau cokelat hitam (iStock)

Cokelat dapat menyebabkan masalah yang sama bagi kucing, layaknya pada anjing: dalam dosis rendah menyebabkan hiperaktif dan dosis tinggi mengakibatkan gangguan jantung.

Masalah yang ditimbulkan tergantung pada jenis cokelat. Cokelat bubuk dan murni lebih memiliki banyak kandungan beracun bagi kucing daripada cokelat susu.

Hanya satu ons cokelat susu dapat mengakibatkan anjing muntah, hiperaktif, dan detak jantung meningkat. Dapat dibayangkan jika kucing yang mengonsumsinya.

5. Benang

Ilustrasi benang. (sumber: pinterest)

Tak hanya tanaman atau makanan saja yang bisa masuk ke dalam tubuh kucing. Bagi Anda yang hewan peliharaannya gemar bermain dengan benang juga patut berhati-hati, karena bisa saja mereka tak sadar menelan benda tersebut.

Walaupun dalam beberapa kasus tertelannya benang tak berbahaya. Namun jika benda itu tersangkut di tempat yang tak semestinya, bisa saja berakibat fatal.

Jika salah satu bagian benang telah masuk dan bagian lain masih berada di mulutnya. Jangan langsung menariknya, karena bisa saja ususnya tertarik atau bahkan terpotong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini