Sukses

Pasutri WNI Ini Buka 'Waroeng Jajanan' Indonesia di Amerika

Pengelolanya pasangan suami istri, Ira dan Jonathan atau yang akrab disapa Yoyon.

Liputan6.com, Seattle - Warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sekitaran Edmonds, Seattle, negara bagian Washington, dimanjakan dengan keberadaan warung khas Indonesia di wilayah mereka. Toko kelontong ini bernama "Waroeng Jajanan".

Pengelolanya merupakan pasangan suami istri, Ira dan Jonathan atau yang akrab disapa Yoyon.

"Idenya di tahun 2012 ya, Ira pengen bikin warung, dia pengen ada tempat di mana dia bisa makan makanan jajanan yang susah ya dulu belum ada di sini. Dari ide itu dia buat, come out dengan Indonesian grocery," jelas Jonathan yang dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (13/7/2016).

Keduanya mulai membuka "Waroeng Jajanan" di tahun 2012, dengan ide hanya menjual makanan jadi. Gagasan itu berkembang dan hingga kini sudah memiliki dapur serta restoran sendiri.

Menurut Ira, sang istri yang juga pengelola restoran, varian menu yang dihidangkan di "waroeng jajanan" tergantung dengan pilihan menu spesial di hari-hari tertentu dan telah ditentukan sebelumnya.

"Kadang kalau lagi mikir pengen makan apa ya? Pengen makan batagor, kita bikin batagor, jadi kita bikin menu special di sini. Kita pengen ketoprak, kita bikin menu special ketoprak gitu, something yang agak repot bikinnya, makanan Indonesia semua bikinnya repot," ujarnya.

Ira menyebut, meskipun dirinya memiliki pengalaman dalam hal memasak, namun dirinya selalu berusaha menjaga kualitas makanan yang dijual. Dalam melakukan hal ini, Ira dan Jonathan bekerjasama untuk memperkenalkan makanan Indonesia kepada warga Amerika.

"Tantangannya adalah gimana kita mau memperkenalkan makanan kita sama (orang) lokal itu gak gampang gitu loh, jadi kalau ada orang Amerika datang dan dia mau makan nasi Padang, gimana kita jelaskan ini pedas, ini apa dan kita juga, kok dibungkus gitu loh ya, jadi itu tantangan yang bikin kita jadi lebih mikir ke depannya gimana caranya untuk lebih mempromosikan, memperkenalkan masakan Indonesia di sini," beber Jonathan.

Adapun menu yang menjadi andalan dan paling dicari di warung milik pasangan WNI tersebut adalah nasi padang yang dibungkus daun pisang, hingga memiliki rasa yang khas. Demi nasi Padang buatan Ira ini, pelanggan pun rela datang dari luar kota khusus untuk menikmati hidangan tersebut.

Para pelanggan warung tersebut di antaranya adalah mahasiswa Indonesia dari Portland state University di Portland, negara bagian Oregon.

Salah satu pelanggan asal New York yang tinggal di Seattle, Inge, mengaku dirinya beberapa kali mengunjungi "Waroeng Jajanan" untuk membeli sambal dan cemilan khas Indonesia

"Waroeng Jajanan cukup mengobati rasa kangen dari New York, karena memang benar di New York banyak banget makanan Indonesia, tapi untungnya di Seattle aku bisa ke sini untuk dapetin makanan Indo, thank you Waroeng Jajanan," kata Inge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini