Sukses

Gunung Mayon Kembali Semburkan Lava

Lelehan lava mengucur dari puncak Mayon yang menjulang di atas Teluk Albay, Filipina bagian tengah dengan ketinggian 2.460 meter. Lima kali letusan menyemburkan abu hingga 500 meter ke udara dan menimbulkan guncangan di lereng lereng gunung yang terjal.

Liputan6.com, Legazpi: Gunung Mayon di Filipina kembali menyemburkan lahar dan abu hingga mengganggu aktivitas warga, Rabu (16/12). Lelehan lava mengucur dari puncak Mayon yang menjulang di atas Teluk Albay, Filipina bagian tengah dengan ketinggian 2.460 meter. Lima kali letusan menyemburkan abu hingga 500 meter ke udara dan menimbulkan guncangan di lereng gunung yang terjal.

Pemerintah setempat menaikkan level siaga Gunung Mayon menjadi dua tiik di bawah letusan besar. Pemerintah Provinsi Albay juga mulai mengevakuasi ribuan keluarga yang berdomisili di sekitar wilayah bahaya. Lebih dari 30 ribu orang atau 65 persen dari populasi sasaran sudah selesai dipindahkan [baca: Gunung Semburkan Lahar, Ribuan Warga Filipina Mengungsi].

Dalam kurun waktu 400 tahun terakhir, Mayon sudah meletus hampir 40 kali. Gunung Mayon terakhir kali meletus pada 2006. Namun letusan sebelumnya pada 1993 menyebabkan 79 orang tewas.(YNI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini