Sukses

7 Hidangan Lokal Paling Ekstrem Sekaligus Menjijikkan di Dunia

Beberapa makanan disebut sangat ekstrem hingga kenikmatan pun nyaris mustahil untuk dirasakan bagi mereka yang tidak terbiasa menyantapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara di dunia memiliki makanan khas masing-masing yang sudah menjadi bagian dari budaya mereka. Tentunya hidangan setiap daerah berbeda-beda mulai dari yang unik, aneh atau bahkan menjijikkan.

Pada umumnya, mereka yang lama berdomisili di negara-negara Barat akan kesulitan untuk mengadaptasikan lidah mereka dengan hidangan khas negara-negara Asia. Ini dikarenakan negara-negara di kawasan Asia kerap kali menggunakan rempah-rempah yang rasanya pedas sebagai bahan dasar untuk memasak hidangannya.

Namun jangan salah, di sejumlah negara Barat yang meliputi kawasan Eropa dan Amerika Latin, ada juga makanan khas yang dikategorikan jauh lebih ekstrem hingga kenikmatan itu mustahil dirasakan untuk mereka yang tidak terbiasa menyantapnya.

Mulai dari keju bas hingga testis sapi, berikut 7 makanan lokal terekstrem sekaligus menjijikkan yang telah menjadi bagian dari tradisi di sejumlah daerah di dunia:

Keju Berkutu Khas Prancis

Keju merupakan salah satu makanan terfavorit orang Prancis. Meski keju juga digemari banyak orang dari berbagai macam negara di dunia, namun yang bisa menandingi kegemaran orang Prancis terhadap keju mungkin hanyalah negara Belanda.

Tipe keju yang tersedia dan menjadi kegemaran orang Prancis bervariasi, dengan yang paling membuat orang paling terkejut adalah keju Mimolette.

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Keju yang terbuat dari fermentasi susu sapi ini memang terasa nikmat dengan teksturnya yang sangat lembut itu. Namun, banyak orang akan berpikir dua kali ketika mengetahui bahwa proses fermentasi keju tersebut ternyata menggunakan kutu dan disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama hingga terlihat basi.

Anehnya, justru dengan semakin lama disimpannya keju tersebut, aroma pun semakin sedap.

Jagung Berjamur Khas Meksiko

Pada umumnya, seseorang akan enggan mengonsumsi makanan yang sudah berjamur. Namun, lain halnya dengan sebagian besar warga Meksiko. Mereka justru mengharuskan jagung yang siap panen berjamur terlebih dahulu.

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Memang bukan suatu hal yang bisa diserap begitu saja, tetapi para petani negara setempat telah mengolah jagung ini menjadi makanan tradisional yang lezat meski berjamur. Dari generasi ke generasi, tradisi ini terus menjadi hal yang mendarah daging dan bahkan kini sudah mulai dijadikan isi makanan lainnya seperti quesadilla.

Janin Telur Bebek Khas Filipina

Hidangan khas Filipina berupa janin telur bebek yang sudah diinkubasi selama 18 hari menjadi santapan terpopuler yang dijual oleh kalangan pedagang kaki lima. Hidangan tersebut terkenal dengan nama penoy atau balut.

Bagi mereka yang mudah jijik tentunya akan kesulitan untuk menahan rasa mual ketika melihat hidangan tersebut.

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Walaupun terlihat kurang menarik, namun sebetulnya balut ini mengandung nilai gizi yang sangat tinggi terutama untuk kandungan proteinnya. Warga lokal yakin dengan mereka rajin mengkonsumsi hidangan tersebut, kesehatan mereka dapat terjamin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamur hingga Testis Sapi

Jamur Nikmat yang Mematikan Khas Finlandia

Jamur False Moral berwarna ungu atau coklat adalah salah satu hidangan favorit para warga negara Finlandia, khususnya mereka yang berdomisili di wilayah bagian selatan negara tersebut. Menurut mereka yang menyukainya, rasa jamur tersebut sangat manis dan nikmatnya tiada tara.

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa jamur tersebut sangat beracun dan mampu merenggut nyawa seseorang. Fakta ini pun diakui oleh orang Finlandia sendiri. Akan tetapi, mereka tidak mau menjadikan racun dari jamur tersebut penghalang untuk mereka menkonsumsinya. Jadi, banyak dari mereka yang sudah terlatih untuk perlahan-lahan menguras racun yang ada di dalamnya.

Testis Sapi Khas Amerika Serikat

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Siapa sangka, mereka yang tinggal di negeri paman Sam, khususnya yang di daerah Montana, menikmati setiap gigitan testis sapi jantan untuk santapan keseharian mereka? testis tersebut dipotong dan dipanggang sebelum nantinya dicampurkan ke dalam bahan-bahan lainnya. Suatu waktu beberapa dari mereka mencampurnya dengan bir dan mengaku rasanya enak.

Semut Merah Pedas Khas India

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Suku Chhatisgarh di India memiliki makanan khas tersendiri yang dinamakan Chaprah. Makanan tersebut terbuat dari semut merah dan telur semut yang memiliki cita rasa pedas. Selain dijadikan makanan, semut merah tersebut juga digunakan sebagai hiasan untuk hidangan agar terlihat lebih berwarna.

Selai Seribu Satu Rasa Khas Australia dan Inggris

Santapan Terekstrem Sekaligus Menjijikan di Seluruh Dunia. (Sumber: BBC)

Bagi mereka yang pernah mendengar nama brand olesan roti Marmite atau Vegemite, tentunya tahu bahwa banyak orang di seluruh dunia yang kebingungan akan kegemaran warga Inggris dan Australia terhadap selai lengket sekaligus asin itu. Selai ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang vegan dan hingga kini terus menjadi santapan tradisional di Inggris dan juga Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.