Sukses

Presiden Putin Hubungi Obama, Ada Apa?

Terkadang, situasi mendesak membuat keduanya harus bekerja sama meski sering memiliki jalan pikir yang berbeda.

Liputan6.com, Moscow- Hubungan Amerika Serikat dan Rusia memang kerap pasang surut. Ada kalanya kedua negara rukun, ada juga momen tegangnya.

Terkadang, situasi mendesak membuat keduanya terpaksa harus berada di sisi yang sama dan satu suara. Salah satunya adalah kasus di Suriah.

Pemerintahan Kremlin Rusia mengabarkan bahwa Presiden Vladimir Putin telah menghubungi Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk membicarakan beberapa hal-hal penting tersebut.

"Kedua kepala negara serempak dalam upaya penanganan situasi di Suriah yang akan dilancarkan melalui koordinasi militer antar-satu sama lain," demikian pernyataan resmi Kremlin seperti dilansir News Max, Kamis (7/7/2016).

Presiden Putin mengatakan kepada Presiden Obama tentang niatnya untuk mengimbau para kelompok oposisi moderat Suriah agar secepatnya melepas diri mereka atau hengkang dari lingkup Jabat Al-Nusa, yang terbukti merupakan jaringan dari kelompok teroris Al-Qaeda.

Terlebih, Putin mensinyalir pentingnya penindaklanjutan diskusi perdamaian untuk wilayah tersebut.

Selain itu,keduanya juga berbicara seputar isu Nargono-Karabakh, konflik antara Armenia dan Azerbaijan. Presiden Putin memberitahukan Presiden Obama bahwa dirinya sudah menyelenggarakan sebuah pertemuan di mana kedua negara diundang untuk mendiskusikan solusi demi pencapaian perdamaian di antara dua negara yang tengah dalam konflik itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.