Undang Tokoh Islam Berbuka, Dubes Jepang Hidangkan Sushi dan Udon

Oleh Andreas Gerry TuwoCitra Dewi pada 21 Jun 2016, 21:20 WIB
Diperbarui 21 Jun 2016, 21:20 WIB
20160216-Dubes-Jepang-Jakarta-Tanizaki-Yasuaki-FRS
Perbesar
Dubes Jepang Tanizaki Yasuaki (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yazuaki Tanizaki mengaku menikmati suasana bulan suci Ramadan di Indonesia. Itu juga yang mendorong dirinya mengadakan acara buka puasa bersama.

Dalam acara tersebut Dubes Tanizaki mengundang beberapa tokoh Islam, di antaranya mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra dan mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmi Zaini.

Selain menghindangkan masakan berbuka puasa ala Indonesia, kepada para tamu juga dihidangkan kuliner khas Jepang, seperti sushi dan udon.

Tak hanya itu, minuman tradisional Jepang, teh hijau atau ocha turut disajikan sebagai salah satu pilihan pelepas dahaga untuk berbuka puasa.

Dalam sambutannya, Tanziki mengatakan, fondasi hubungan baik Indonesia-Jepang terlatak pada persahabatan antar masyarakat.

Oleh sebab itu, dirinya menginginkan di masa mendatang relasi tersebut bisa lebih kuat lagi.

Dia menyebut, demi mewujudkan keinginannya itu, ia menjelaskan, program mengundang pimpinan pondok pesantren Indonesia ke Jepang akan ditingkatkan lagi.

"Untuk program yang sudah dimulai 13 tahun lalu itu merupakan salah satu unsur penting persahabatan Indonesia dan Jepang," ucap Tanizaki di kediamannya di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

"Untuk tokoh Islam dari Indonesia baik dari NU atau Muhammadiyah saya ingin lebih banyak lagi dari mereka ke Jepang," pungkas dia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya