Sukses

21-6-1990: Gempa 7,7 SR Goyang Iran, 50 Ribu Orang Tewas

Gempa yang terjadi pada 21 Juni 1990 di Iran disebut sebagai salah satu bencana terbesar yang pernah melanda negara itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 21 Juni 1990, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang Iran, menyebabkan 50.000 orang tewas dan 135.000 lainnya terluka. Gempa terjadi tepat tengah malam atau pukul 00.30 waktu setempat.

Tak hanya puluhan ribu orang tewas, namun gempa juga meluluhlantakkan dua Provinsi Zanjan dan Gilan -- meliputi pertanian dan resor tepi pantai juga ikut hancur. Luas kerusakan wilayah ini ditaksir mencapai 20.000 mil persegi. Demikian seperti dilansir History, Selasa (21/6/2016).

Guncangan kuat itu dilaporkan berpusat di sepanjang pantai Laut Kaspia yang terletak di barat laut Iran. Lalu, pada hari berikutnya, gempa susulan berkekuatan 6,5 skala Richter kembali mengguncang wilayah tersebut, memperparah kerusakan yang telah terjadi sebelumnya.

Gempa juga telah menyebabkan tanah longsor, membuat banyak jalan tak dapat dilalui. Kebanyakan mereka yang pada awalnya selamat di bawah reruntuhan gagal bertahan akibat pertolongan yang tak kunjung datang.

Diperkirakan setidaknya terdapat 400.000 orang yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana mematikan itu. Meski kerap berseberangan, namun Iran dengan terpaksa menerima bantuan yang datang dari Amerika Serikat dan di sisi lain mereka menolak bantuan dari Israel dan Afrika Selatan.

Hubungan yang tidak begitu baik antara Iran dengan negara-negara donatur membuat para relawan dipulangkan segera ke negara asal mereka meski bantuan utama belum sempat diberikan.

Selain gempa Iran, 21 Juni juga akan dikenang sebagai hari bersejarah bagi dunia dirgantara. Pasalnya, pesawat luar angkasa komersial SpaceShipOne melakukan penerbangan pertamanya ke angkasa luar.

SpaceShipOne berhasil lepas landas dari Gurun Mojave di California, Amerika Serikat (AS) dengan diangkut pesawat induk White Knight. Selanjutnya, pesawat itu dikendalikan oleh pilot Michael Melvill.

Pesawat yang dikembangkan secara swasta tersebut sukses mencapai angkasa meski cukup singkat, yakni tiga menit. SpaceShipOne berhasil mendarat kembali di Gurun Mojave tanpa bantuan mesin pendorongnya.

Proyek penerbangan ini kabarnya mengelontorkan dana sebesar US$ 20 juta dan berhasil menang dalam ajang Ansari X Prize -- kompetisi penerbangan untuk mengirim orang ke angkasa luar. Melvill pun dikenal sebagai pilot pertama yang resmi mendapat akses untuk menerbangkan pesawat komersial ke luar angkasa.

Sastrawan dan filsuf dunia asal Prancis, Jean-Paul Sartre lahir pada 21 Juni 1905. Pelopor aliran eksistensialisme ini dianugerahi penghargaan Nobel pada 1964, namun ia menolaknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.