Sukses

10 Rumah Termahal Sedunia, Siapa Saja Pemiliknya?

Pernah membayangkan bagaimana rupa rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya?

Liputan6.com, New York - Pemilik rumah-rumah termewah sedunia seringkali dirahasiakan. Tentu saja kita mengenal pemilik Buckingham Palace, tapi siapa yang sering mendengar nama Tim Blixseth?

Atau, siapakah miliuner India yang mendirikan bangunan 27 lantai untuk dirinya sendiri? Dikutip dari Time pada Sabtu (18/6/2016), suatu rujukan dari CompareCamp.com membeberkan 10 rumah mewah yang dianggap termahal sedunia. 

Berikut adalah 10 rumah termahal yang dimaksud:

1. 7 Upper Phillimore Gardens

7 Upper Phillimore Gardens. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber tellurideluxuryproperties.com)

Lokasi: London, Inggris.
Nilai: $128 juta (2014), setara dengan $125,83 juta sekarang atau Rp 1,678 triliun.

Perincian: Sekolah pra-kuliah dengan 10 kamar ini berubah menjadi rumah dan memiliki kolam renang bawah tanah, sauna, gim, bioskop, serta ruang panik. Belum lagi interiornya yang berlapis marmer, emas, dan karya-karya seni yang tak ternilai harganya.

Pemilik: Olena Pinchuk, puteri Leonid Kuchma, presiden ke dua Ukraina.

2. Kensington Palace Gardens

Kensington Palace Gardens. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber Daily Mail)

Lokasi: London, Inggris.
Nilai: $140 juta (2014), setara dengan $142,07 juta sekarang atau Rp 1,895 triliun.

Perincian: Rumah serba lengkap yang terletak di kawasan Billionaires Row di London ini pada 2014 lalu sedang akan dilengkapi dengan perluasan ruang bawah tanah untuk lapangan tenis, pusat kesehatan, dan museum.

Pemilik: Roman Abramovich, seorang miliuner Rusia dan pemilik badan penyertaan modal swasta Millhouse LLC. Ia dikenal sebagai pemilik klub sepak bola Chelsea yang bermain dalam Premier League Inggris.

3. Seven The Pinnacle

Seven The Pinnacle. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber newimagewire.wordpress.com)

Lokasi: Big Sky, Montana, AS.
Nilai: $155 juta (2014), setara dengan $157,29 juta sekarang (Rp 2,098 triliun).

Perincian: Rumah ini merupakan properti terbesar di Yellowstone Club, lengkap dengan tempat ski pribadi dan komunitas golf untuk kaum sangat kaya, lantai yang berpenghangat, beberapa kolam renang, sebuah gim, ruang penyimpanan wine, dan lift ski sendiri.

Pemiliks: Edra and Tim Blixseth. Mereka adalah pengembang real estate dan raksasa perkayuan. Tim Blixseth mendirikan Yellowstone Club. Namun demikian, kebangkrutan klub, perceraian, dan beberapa masalah lain telah meluluhlantakkan kekayaannya beberapa tahun lalu.

4. Hearst Castle

Hearst Castle. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber californiabeaches.com)

Lokasi: San Simeon, California, AS.
Nilai: $191 juta (2014), setara dengan $193,82 juta sekarang (Rp 2,585 triliun).

Perincian: Istana 27 kamar tidur ini pernah dipakai dalam film The Godfather dan menjadi tuan rumah bagi John dan Jackie Kennedy, Clark Gable, Winston Churchill, serta sejumlah tokoh terkenal lainnya.

Pemilik: wali amanah William Randolph Hearst. Istana ini dibangun oleh raksasa koran pertama di AS dan sekarang menjadi situs warisan serta wisata sebagai bagian dari California Park System.

5. Ellison Estate

Ellison Estate. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber Wall Street Journal)

Lokasi: Woodside, California, AS.
Nilai: $200 juta (2014), setara dengan $ 202,96 juta sekarang (Rp 2,707 triliun).

Perincian: Sebetulnya lebih mirip kompleks karena luasnya yang sekitar 101 ribu meter persegi dengan 10 bangunan, danau buatan, kolam koi, gubuk teh, dan rumah mandi.

Pemilik: Larry Ellison, yang adalah pendiri perusahaan Oracle dan orang ke 3 terkaya sedunia pada 2013 (menurut peringkat Forbes).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istana Raja



6. 18-19 Kensington Palace Gardens

Lokasi: London, Inggris.
Nilai: $222 juta (2014), setara dengan $ 225,28 juta sekarang (Rp 3,005 triliun).

Perincian: Suatu properti lagi di Billionaires Row, 18-19 terletak sederet dengan rumah Pangeran William dan Kate Middleton. Rumah ini memiliki 12 kamar tidur, kamar mandi gaya Turki, kolam dalam ruang, dan tempat parkir untuk 20 mobil.

Pemilik: Lakshmi Mittal. Ia adalah pimpinan Arcelor Mittal, pabrik baja terbesar sedunia, dan, menurut Forbes, merupakan salah satu orang dari 100 orang terkaya di India.

7. Four Fairfield Pond

Four Fairfield Pond. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber Pinterest)

Lokasi: Sagaponack, New York, AS.
Nilai: $248,5 juta (2014), setara dengan $252,17 juta sekarang (Rp 3,363 triliun).

Perincian: Rumah dengan 29 kamar tidur ini berada di atas lahan seluas 255 ribu meter persegi dan memiliki pembangkit tenaga listrik sendiri. Di dalamnya ada 39 kamar mandi, lapangan bola basket, bowling, squash, tennis, lalu ada 3 kolam renang, dan ruang makan sepanjang 27,7 m.

Pemilik: Ira Rennert. Ia adalah pemilik Renco Group, payung perusahaan dengan penanaman modal di pabrik mobil dan peleburan besi. Ia juga memiliki payung perusahaan dalam perlogaman dan tambang.

8. Villa Leopolda

Villa Leopolda. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber Forbes)

Lokasi: Cote D’Azure, Prancis.
Nilai: $750 juta (2014), setara dengan $761,09 juta sekarang (Rp 10,151 triliun).

Perincian: Kawasan seluas 202 ribu meter persegi ini mencakup "rumah kaca berukuran komersial, sebuah kolam renang dan ruang billiard, dapur luar ruang, helipad, serta rumah tamu yang lebih besar daripada rumah kebanyakan jutawan," demikian menurut Variety.

Rumah ini dikenal sebagai tempat pembuatan film klasik To Catch a Thief yang rilis pada 1955 karya Hitchcock.

Pemilik: Lily Safra. Ia adalah seorang pengayom amal dari Brasil sekaligus janda dari banker Lebanon bernama William Safra. Suaminya meninggal ketika rumah mereka yang satu lagi terbakar habis yang diduga disengaja.

9. Antilia

Antilia. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber Forbes)

Lokasi: Mumbai, India.
Nilai: $1 miliar (2014), setara dengan $ 1,014 miliar sekarang (Rp 13,535 triliun).

Perincian: Antilla bukanlah rumah dalam artian tradisional. Bangunan 27 lantai dengan luas 37 ribu meter persegi ini memiliki tempat parkir 6 lantai, 3 landasan helikopter, dan membutuhkan 600 orang untuk memeliharanya.

Pemilik: Mukesh Ambani. Ia adalah orang terkaya di India dengan taksiran nilai kekayaan sekitar $23,6 miliar (nilai 2014, setara dengan $23,95 miliar pada tahun 2016, setara dengan Rp 319 triliun), demikian menurut Forbes. Ambani meraup kekayaannya melalui Reliance Industries, perusahaan energi dan bahan baku.

10. Buckingham Palace

Buckingham Palace. Pernah terpikirkan tentang rumah-rumah termahal sedunia? Di mana letaknya? Siapa pemiliknya? (Sumber Wikipedia)

Lokasi: London, Inggris.
Nilai: $1,55 miliar (2014), setara dengan $ 1,573 miliar sekarang (Rp 20,979 triliun).

Perincian: Secara teknis, bangunan ini masih sebuah rumah, tapi tidak untuk dijual. Tempat tingal Ratu Inggris ditaksir bernilai $1,5 miliar (2014) oleh Nationwide Building Society pada 2012.

Properti ini memiliki 775 ruangan, termasuk 19 ruang kenegaraan, 52 kamar tidur, 188 kamar pegawai, 92 kantor, dan 78 kamar mandi.

Pemilik: Penguasa Inggris, yang sekarang ini adalah Ratu Elizabeth II. Ia bertakhta sejak 6 Februari 1952.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.