Keluar dari Gedung Putih, Ini yang Akan Dilakukan Michelle Obama

Oleh Khairisa Ferida pada 16 Jun 2016, 06:30 WIB
Diperbarui 17 Jun 2016, 17:14 WIB
Michelle Obama dan Oprah Winfrey

Liputan6.com, Washington, DC - Barack Obama tak lama lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Sang istri, Michelle Obama pun sudah tak sabar untuk kembali menjalani kehidupan normal bahkan ia sudah mengungkapkan apa yang akan dilakukannya pertama kali ketika meninggalkan Gedung Putih.

"Pergi belanja ke Target dan duduk di taman," ujar Michelle kepada Oprah Winfrey dalam konferensi White House State of Women seperti dilansir Daily Mail, Kamis (16/6/2016).

"Saya ingin berjalan-jalan, ingin duduk di taman. Saya ingin pergi ke Target lagi. Saya mendengar banyak hal telah berubah," imbuhnya.

Ibu dari Malia dan Sasha Obama itu juga mengatakan, ia ingin kembali ke kehidupan normal. Michelle juga mengaku cukup tak nyaman ketika untuk pertama kali melihat anak-anaknya diantar ke sekolah oleh Secret Service.

Setelah itu ia membuat penonton tertawa dengan pengakuan bahwa menurutnya sang suami 'swagalicious' atau sangat keren.

Wawancara Michelle dengan Oprah itu dimulai dengan penghormatan terhadap korban penembakan di Orlando, "Ini saatnya bagi kita bersama, saling mencintai," ujarnya di hadapan 5.000 orang.

Setelah itu, Michelle bicara tentang perasaan bangganya ketika melihat Obama melangkah turun dari pesawat dan berjalan menuju Gedung Putih untuk pertama kalinya. Ibu negara itu juga tak pernah lupa dengan pesan sang suami yang mengingatkan dia agar tetap menjadi dirinya sendiri.

"Sejak awal saya tegaskan kepada semua orang bahwa Barack Obama tidak pernah berubah. Dia menjadi dirinya sendiri ketika memasuki tempat ini dan tetap menjadi orang yang sama ketika meninggalkan tempat ini," ungkapnya.

Michelle yang beberapa kali masuk dalam jajaran ibu negara modis di dunia ini juga menceritakan bagaimana ia meminta agar Obama tetap 'santai' selama menjalani jabatannya dan tak lupa untuk memperhatikan kedua putri remajanya yang berusia 17 dan 15 tahun.

"Saya menangis memikirkan pada hari pertama ke sekolah mereka hanya di antar oleh Secret Service. Saya melihat mereka pergi dan berpikir, apa yang telah saya lakukan dengan anak-anak ini?," tanyanya.

"Saya tahu pekerjaan pertama adalah memastikan mereka seutuhnya normal dan diperhatikan di tengah-tengah semua kegilaan ini," imbuhnya.

Wanita lulusan Harvard Law School ini juga mengungkapkan kekagumannya pada gaya sang suami yang ia sebut sangat keren. "Ketika pertama kali melihat ia turun dari Marine One -- helikopter kepresidenan -- dan berjalan ke Gedung Putih...Itu mm, mm, mm! Dan kamu tahu, dia punya gaya jalan itu, kan?," ujar Michelle.

Pernyataan malu-malu Michelle itu pun langsung ditimpali Oprah.

"Dia keren!," kata Oprah.

"Dia sangat keren," ditambahkan Michelle.

KTT Perempuan yang berlangsung di Gedung Putih itu dihadiri oleh ratusan pembicara termasuk Obama dan Wakil Presiden, Joe Biden. Kepada seluruh pria yang hadir dalam kesempatan itu, Michelle Obama meninggalkan pesan, jadilah yang lebih baik.

"Jadilah lebih baik dalam segala hal. Ayah yang lebih baik. Menyatulah dengan lingkungan, jangan hanya pergi bekerja lalu pulang ke rumah , buat Anda menjadi manusia sejati," pesan Nyonya Obama kepada para pria dalam kesempatan itu.

Lalu kepada para perempuan, ia mengingatkan bahwa 'sulit untuk memiliki semuanya dalam satu waktu yang sama'. Ia lantas menyinggung kehidupan pribadinya, bagaimana ia berkompromi dengan keluarganya di sepanjang hidup dan kariernya.

"Aku tidak ingin perempuan muda di luar sana memiliki pandangan bahwa jika mereka tidak memiliki semuanya mereka telah gagal," tegas Michelle.