Top 3: Aksi Monyet 'Nakal' Padamkan Aliran Listrik

Oleh Citra Dewi pada 09 Jun 2016, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Jun 2016, 09:00 WIB
Ilustrasi monyet
Perbesar
Ilustrasi monyet (Reuters)

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini monyet dikenal sebagai hewan pemakan pisang yang bergerak sangat lincah. Namun dibalik kelincahannya itu, ia juga gemar mengambil barang-barang pengunjung dan tak jarang dicap nakal.

Kali ini ulah monyet tak sebatas mengambil barang, di Kenya, hewan tersebut sempat memutuskan aliran listrik selama 4 jam. Bagaimana bisa?

Berita tentang ulah monyet tersebut ternyata paling menyedot perhatian pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Kamis (9/6/2016) pagi.

Dua artikel lain dengan pembaca paling banyak adalah foto detail jalur gempa dan gunung berapi dari angkasa, termasuk Indonesia, serta 12 'sisi lain' Korea Utara yang jadi perhatian dunia.

Berikut Top 3 Global Selengkapnya:

1. Akibat Ulah 'Nakal' Monyet Ini, Kenya Gelap Total Selama 4 Jam

Ilustrasi Monyet (Foto: www.gradydoctor.com)

Seekor monyet mengakibatkan "kegelapan" total di Kenya. Hewan primata itu jatuh di atas trafo listrik pada Selasa, 7 Juni 2016 kemarin.

Monyet itu jatuh di atas trafo listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Gitaru, atau dikenal dengan sebutan Gitaru Dam. Akibatnya, PLTA itu kehilangan tegangan sebanyak 180 megawatt, sehingga listrik di seluruh Kenya padam.

Menurut laporan dari Kenya Electriciy Generating Company (KenGen), monyet itu selamat. KenGen juga mengatakan listrik hidup kembali setelah empat jam perbaikan.

Selengkapnya...

2. Foto 'Jalur Gempa' Ring of Fire dari Angkasa, Termasuk Indonesia

Ring of Fire yang terdapat di Indonesia dan Samudra Pasifik (SPL/mediadrumworld.com)

Serangkaian peristiwa letusan gunung berapi dan gempa bumi tak dapat dipisahkan dari lempeng tektonik.

Menurut para ahli, lempeng tektonik adalah kerak Bumi di lapisan litosfer yang pecah menjadi bagian-bagian lebih kecil.

Saat ini lempeng tektonik yang membentuk benua dan lantai samudera telah diungkap secara detail dalam serangkaian gambar berdasarkan foto-foto satelit.

Selengkapnya...

3. 12 Foto 'Sisi Lain' Korea Utara yang Jadi Sorotan Dunia

Foto yang diambil oleh pria berkebangsaan Prancis saat berkunjung ke Korea Utara. (sumber: Facebook Eric Lafforgue)

Dengan modal hanya satu kamera dan tekad yang bulat, seorang pria berkebangsaan Prancis, Eric Lafforgue ingin menunjukkan sisi lain Korea Utara kepada masyarakat dunia.

Eric sudah memimpikan dirinya berkeliling dunia sejak usia dini. Cita-citanya pun tercapai dengan dirinya pernah menginjakan kaki di sejumlah wilayah di bumi ini seperti Ethiopia, Yaman, Djibouti, Papua Nugini, Vanuatu dan Benin.

Di sana ia mengambil foto-foto kehidupan masyarakat setempat yang masih asing bagi mereka di bagian dunia lain, terutama di negara-negara Barat.

Selengkapnya...

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya