Ini Persiapan Menghadapi 'Bencana Terbesar dalam Sejarah AS'

Oleh Nurul Basmalah pada 08 Jun 2016, 19:11 WIB
Diperbarui 08 Jun 2016, 19:11 WIB
Ilustrasi Tsunami
Perbesar
Forum Liputan6

Liputan6.com, Washington DC. - Ribuan warga di Pacific Northwest, AS, melakukan latihan penanggulangan dua bencana alam besar, [tsunami](tsunami "") dan gempa bumi, pada Selasa 7 Juni 2016.

Agenda tersebut dilakukan agar warga yang berdomisili di daerah pesisir pantai, dapat menyelamatkan diri saat dua bencana alam yang sangat mematikan itu terjadi.

Gempa bumi dan tsunami merupakan dua bencana alam paling mematikan, dapat membunuh ribuan orang, memutuskan akses masyarakat pesisir, dan membuat jaringan telepon serta internet kolaps.

Menurut laporan yang dikutip dari DetroitNews.com, Rabu (8/6/2016), acara yang dilaksanakan selama empat hari itu disebut Cascadia Rising. Latihan penanggulangan bencana dilakukan di sekitar pusat gempa 9.0 SR yang pernah terjadi 95 mil dari Pantai Oregon.

Mayor Jendral Bret Daugherty, komandan Washington National Guard mengatakan, jika lempengan bumi di daerah Cascadia pecah, akan terjadi malapetaka besar yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Lempengan Cascadia tersebut, terletak sekitar 600 mil di lepas pantai yang membentang dari California Utara ke British Columbia.

"Jika hal itu terjadi, bencana alam itu akan menjadi yang terburuk sepanjang sejarah AS. Karena itu, kami melakukan latihan penanggulangan bencana ini dengan serius. Sehingga nanti saat bencana itu benar-benar terjadi, kita tahu apa yang harus dilakukan," kata Mayor Bret.

Pejabat federal mengatakan, sekitar 20.000 warga akan terlibat dalam latihan penanggulangan bencana tersebut. Peserta mewakili berbagai lembaga federal, militer AS, dan negara bagian Oregon serta Idaho.

Salah satu tujuan utama latihan tersebut adalah untuk melakukan pengujian terhadap kekompakan warga, dalam meminimalkan hilangnya nyawa dan kerusakan.

Mereka juga dilatih untuk cepat tangap dalam menggunakan alat komunikasi darurat -- tanpa menggunakan internet dan layanan telepon seluler.

Latihan memberikan pertolongan pertama, penyelamatan korban, dan kemampuan evakuasi juga diberikan.

"Kerjasama Cascadia Rising dilakukan untuk memastikan kita benar-benar siap untuk menghadapi bencana. Harapannya, kita dapat mengidentifikasi daerah tempat kita latihan, serta mengidentifikasikan kelemahan kita," kata Gubernur Washington, Jay Inslee.

Selama simulasi, pemerintah juga mengatakan mereka akan mengirimkan pasukan udara, untuk menyuplai peralatan medis dan komunikasi. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya