Sukses

12 Tempat Bersejarah Dalam Tayangan 'Game of Thrones'

Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya.

Liputan6.com, Borehamwood - Game of Thrones adalah drama televisi produksi Amerika Serikat hasil karya David Benioff dan D. B. Weiss. Produksi itu sendiri merupakan adaptasi dari kumpulan novel khayalan 'A Song of Ice and Fire' karya George R. R. Martin.

Dikutip dari Heritage Daily pada Rabu (8/6/2016), judul pertama dalam kumpulan novel itu adalah 'A Game of Thrones'. 

Di dalamnya ada beberapa tempat bersejarah yang ternyata memang ada dalam dunia nyata.

Berikut ini adalah 12 tempat yang dijadikan tempat pembuatan film fiksi sejarah tersebut:

1. Castle Ward – (Winterfell)

Castle Ward – (Winterfell). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Castle Ward adalah bangunan dari Abad ke-18 yang menjadi properti milik National Trust, terletak di Desa Strangford, County Down, di Irlandia Utara. Bangunan itu dipakai menjadi laar belakang benteng Winterfell.

Castle Ward adalah rumah keluarga Ward sejak tahun 1570-an. Pada awalnya, bangunan itu dikenal dengan nama 'Carrick na Sheannagh' yang menjadi milik Earls of Kildare, lalu kemudian dibeli oleh Bernard Ward, ayah dari Sir Robert Ward, Surveyor Utama Irlandia.

2. Dubrovnik – (King's Landing)

Dubrovnik – (King’s Landing). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Dubrovnik adalah sebuah kota Kroasia yang terletak di tepi pantai Laut Adriatik dan termasuk dalam kawasan Dalmatia. Tembok-tembok Dubrovnik menjadi tempat populer untuk melakukan rekaman kota khayalan King's Landing.

Menurut riwayatnya, kejayaan kota Dubrovnik berasal dari perdagangan maritim, apalagi karena statusnya sebagai ibukota maritim Republik Ragusa. Pembangunan di sana terbilang pesat, terutama pada abad 15 dan 16, sehingga meningkatkan kemakmuran dan peran diplomasi.

3. Lovrijenac Fortress – (The Red Keep)

Lovrijenac Fortress – (The Red Keep). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Benteng Lovrijenac yang dikenal juga sebagai St. Lawrence Fortress, seringkali mendapat julukan "Gibraltar untuk Dubrovnik". Bangunan itu adalah benteng sekaligus teater yang terletak di luar tembok barat kota Dubrovnik, Kroasia, yang terletak di ketinggian 37 meter di atas permukaan laut.

Benteng Lovrijenac dipergunakan sebagai Red Keep dalam musim tayang ke dua. Teluk di depannya digunakan sebagai tempat pertempuran dalam Battle of Blackwater.

Dalam kehidupan nyata, benteng ini terkenal karena berperan penting dalam melawan kekuasaan Venesia. Benteng itu juga melindungi dua jalan masuk ke kota, baik melalui laut maupun darat.

4. Dimmuborgir – (Wildling Camp)

Dimmuborgir – (Wildling Camp). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Dimmuborgir adalah ladang lava berbentuk ganjil yang berada di arah timur Mývatn, Islandia.

Kawasan Dimmuborgir terdiri dari berbagai gua dan bentukan cadas, sehingga mirip dengan reruntuhan benteng kuno dan dipakai sebagai lokasi ketika 'King Beyond the Wall' Mance Rayder melakukan perkemahan Wildling.

5. Grjótagjá – (kisah cinta antara Jon Snow dan Ygritte)

Grjótagjá – (kisah cinta antara Jon Snow dan Ygritte). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Grjótagjá adalah sebuah gua lava kecil dekat danau Mývatn dan memiliki sumber mata air di dalamnya. Gua ini menjadi tempat pembuatan film episode ke-5 dalam musim ke-3 tayangan Game of Thrones.

Di awal abad ke 18 ada pembangkang bernama Jón Markússon yang tinggal di sana dan menggunakan guanya untuk mandi.

Hingga 1970-an, Grjótagjá merupakan tempat pemandian populer. Tapi dalam masa erupsi antara 1975 hingga 1984, suhu airnya meningkat hingga 50 °C sehingga tidak mungkin dipakai berendam.

6. Essaouira – (Astapor)

Essaouira – (Astapor). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Essaouira dulunya dikenal sebagai Mogador. Kota ini berada di Marrakesh-Safi, suatu kawasan ekonomi di tepi laut Atlantik.

Nama modernnya berarti "si kecil keras kepala" yang mengacu kepada dinding-dinding sekeliling benteng yang hingga sekarang masih melingkupi sebagian kota tersebut.

Essaouira dipergunakan sebagai lokasi Astapor yang dikenal juga sebagai Red City (Kota Merah) suatu kota paling selatan di antara di negara kota Teluk Slaver.

7. Jembatan Romawi di Córdoba – (Long Bridge of Volantis)

Jembatan Romawi di Córdoba – (Long Bridge of Volantis). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Jembatan Romawi di Córdoba adalah jembatan di pusat bersejarah kota Córdoba, Andalusia, Spanyol selatan yang dibangun pada awal abad pertama SM dan membentang di atas sungai Guadalquivir.

Jembatan ini dipakai sebagai lokasi "Long Bridge of Volantis" dalam musim ke-5.

8. Alcázar de Sevilla, Seville – (Water Palaces of Dorne)

Alcázar de Sevilla, Seville – (Water Palaces of Dorne). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Alcázar of Seville adalah istana kerajaan yang terletak di Seville, Spanyol, yang tadinya didirikan oleh para raja Moor yang Muslim. Istana ini dipakai sebagai lokasi untuk Water Palaces of Dorne.

Istana ini terkenal sebagai salah satu yang palin cantik di Spanyol dan dianggap sebagai suatu contoh terbaik arsitektur mudéjar yang ada di Semenanjung Iberia.

9. Benteng Zafra, Guadalajara – (Tower of Joy)

Benteng Zafra, Guadalajara – (Tower of Joy). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Benteng Zafra adalah benteng Abad ke-12 yang terletak di kabupaten Campillo de Dueñas, Guadalajara, Spanyol.

Benteng ini dibangun pada akhir Abad ke-12 atau awal Abad ke-13 di atas batu pasir Sierra de Caldereros dan berada di atas bekas markas Visigot dan Moorang direbut pada pada 1129.

Benteng ini dipakai dalam kisah kilas balik ketika Lord Eddard Stark seharusnya mengalahkan Arthur Dayne, Sang Pedang Fajar.

10. Alcazaba di Almería – (Dorne)

Alcazaba di Almería – (Dorne). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Alcazaba di Almería adalah kompleks bangunan yang diperkuat di Almería, Spanyol selatan dan sangat banyak dipergunakan dalam merekam Game of Thrones musim ke-6.

Kata alcazab berasal dari bahasa Arab al-qasbah yang mempertegas keberadaan tembok-tembok perkuatan di kota itu.

Pada 955, Almería meraih sebutan medina ("kota") dari Kalifah Kordoba, yaitu Abd ar-Rahman III. Pembangunan bangunan pertahanan yang ada di sektor atas di kota dimulai pada masa ini.

Alcazaba tidak hanya dibuatkan tembok-tembok dan menara-menara, tapi juga ruang pertemuan, rumah-rumah, dan sebuah mesjid, sehingga menjadi tempat kedudukan pemerintahan setempat yang menguasai kota dan laut di dekatnya.

11. Castell de Santa Florentina – Horn Hill

Castell de Santa Florentina – Horn Hill. Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Castell de Santa Florentina atau dalam bahasa Spanyol disebut dengan Castillo de Santa Florentina, adalah benteng abad pertengahan yang terletak di Canet de Mar, Catalonia, Spanyol.

Bangunan ini disulap menjadi tempat tahta House Tarly (Horn Hill) dalam musim ke-6. Bangunan itu didirikan oleh Guadimir de Canet (kelahiran 1024) di atas landasan bangunan vila Romawi Kuno.

12. Taman Istana Verdala – (Illyrio Mopatis's House)

Taman Istana Verdala  – (Illyrio Mopatis’s House). Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya. (Sumber Heritage Daily)

Istana Verdala adalah istana yang terletak di Taman Buskett di pinggiran Siġġiewi, Malta. Bangunan itu didirikan pada 1586 semasa kekuasaan Hugues Loubenx de Verdalle, dan sekarang menjadi rumah liburan musim panas resmi Presiden Malta.

Letak Istana Verdala dulunya merupakan tempat berdirinya suatu rumah berburu yang dibangun pada 1550-an atau 1560-an, semasa kekuasaan Tuan Agung Jean Parisot de Valette. Rumah berburu ini diperluas menjadi istana pada 1586.

Halaman istana tersebut dipergunakan sebagai lokasi pembuatan film ketika Daenerys dan Viserys Targaryen bertemu Khal Drogo dan para khalassar sebelum pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.